Aksi Prabowo: Disebut Pentagon, Disambut Korsel

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
09 April 2021 13:23
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Kamis (8/4), melaksanakan kunjungan kerja ke Korea Selatan. (Dok. Kemhan)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menjadi perbincangan hangat. Pasalnya dalam beberapa waktu terakhir, Prabowo melakukan kunjungan ke Korea Selatan (Korsel) dan sempat dihubungi oleh Menhan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin.

Kunjungan kehormatan (Courtesy Call) Prabowo  kepada Menteri Pertahanan Korsel Suh Wook pada Kamis (8/4/2021) berjalan dengan mulus. Prabowo disambut dengan upacara militer seperti yang lazim menyambut kepala negara.


Tampak kedua pejabat tinggi tersebut mengendarai kendaraan terbuka yang identik sebagai mobil limosin Genesis G90 buatan Korsel.

Pernyataan resmi Biro Humas Setjen Kemhan RI mengatakan acara yang berlangsung sangat hangat ini kedua negara sepakat mempererat kerjasama militer yang selama ini sudah berjalan dengan baik. Negeri Ginseng juga memang sengaja mengundang Prabowo untuk menyaksikan peluncuran jet tempur bersama Indonesia dan Korsel KFX/IF-X.

Tak hanya itu, Presiden Korsel Moon Jae In juga menyambut baik kunjungan Prabowo dalam peluncuran pesawat tempur KF-X/IF-X. Moon bahkan mengundang Prabowo secara langsung ke kantornya.

Sementara pada Rabu (31/3/2021) sebelumnya, Bos Pentagon Austin menghubungi Prabowo dan membicarakan hal-hal mengenai keamanan regional. Termasuk, kemungkinan kerjasama bilateral di bidang pertahanan maritim.

"Saya melakukan diskusi awalan pagi ini dengan Menteri Pertahanan Indonesia @Prabowo, di mana kami berdiskusi mengenai keamanan maritim kawasan dan peluang untuk mempererat kerjasama pertahanan secara bilateral antara kedua negara," tweet Austin.

Keduanya membicarakan soal persengketaan di wilayah perairan Laut China Selatan (LCS), kudeta di Myanmar, dan kerjasama pertahanan antara RI-AS. Austin juga sempat mengucapkan belasungkawa atas peristiwa meledaknya bom di katedral Makassar.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading