Kenapa Kedatangan Prabowo Dinanti-nanti di Korsel?

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
07 April 2021 08:54
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja ke London, Inggris, pada 22-24 Maret 2020. Kunjungan dilakukan dalam rangka meningkatkan kerja sama bilateral di bidang pertahanan RI-Inggris. (Dok: Twittwr @mod_russia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kehadiran Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto sangat dinanti di Korea Selatan (Korsel). Ia diharapkan menghadiri peluncuran prototipe jet tempur proyek teranyar Korsel, KF-X, 9 April ini.

Gayung pun bersambut. Sumber diplomatik dan Kementerian Pertahanan RI menyebut Prabowo dipastikan hadir dalam acara tersebut.


Prabowo pun akan datang dengan 20 pejabat untuk berkunjung ke Korsel. Penantian Korsel-pun terjawab.

Lalu, mengapa Prabowo begitu dinanti-nanti kedatangannya?

Hal ini sebenarnya diungkapkan langsung Juru Bicara Kemenhan Korsel, Boo Seung-chan. Kedatangan kedua negeri diharapkan bisa memuluskan pertemuan tingkat tinggi antara Prabowo dan Menhan Korsel Suh Wook, untuk mengeratkan kerja sama.

"Pertemuan tingkat menteri akan dimungkinkan jika Prabowo mengunjungi Korsel. Kami bekerja sama dengan semua kemungkinan terbuka," kata Boo dalam jumpa pers reguler dilansir dari Yonhap, dikutip Rabu (7/4/2021).

Keputusan perihal apakah Indonesia akan mengirim pejabat senior ke upacara peluncuran KF-X menjadi fokus perhatian di Korsel. Ini karena hal itu akan memberi sinyal bahwa RI tetap mau menjadi mitra untuk proyek tersebut.

Dalam perjanjian sebelumnya, kerja sama ini membuat RI menanggung 20% dari biaya pembangunan jet yang sebesar 8,8 triliun won atau setara Rp 112 triliun. Akan tetapi, spekulasi beredar bahwa RI keluar dari proyek tersebut karena menghentikan pembayaran.

Selain proyek jet tempur yang dikenal pula dengan IF-X itu, Indonesia menandatangani kesepakatan dengan Korsel pada 2019 untuk membeli tiga kapal selam. Namun, bisnis tersebut juga hanya mengalami sedikit kemajuan sejak saat itu.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading