Kalau Sayang Orang Tua, Jangan Mudik Dulu Ya!

News - Rahajeng K Hastuti, CNBC Indonesia
08 April 2021 13:30
Bus Antar Kota Antar Propinsi di Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (1/4/2021). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia- Demi menghentikan penyebaran Covid-19 pada masa libur panjang, pemerintah memutuskan untuk meniadakan mudik pada Idul Fitri 2021. Dari pengalaman sebelumnya, setelah momen libur panjang dan peningkatan mobilitas selalu terjadi lonjakan kasus positif Covid-19.

"Alasan utamanya adalah untuk memutus penyebaran virus Covid-19 dan melindungi masyarakat dengan usia rentan. Lansia merupakan golongan masyarakat yang paling rentan terhadap virus Covid-19," kata Juru Bicara Kemenko Perekonomian Alia Karenina dalam pernyataan resmi, Kamis (08/07/2021).

Dia mengungkapkan, satu dari tiga lansia yang menjalani rawat inap di rumah sakit karena virus Corona berakhir fatal. Selain itu, masih terdapat beberapa kabupaten/kota yang belum memulai program vaksinasi untuk lansia.

"Sehingga, jika mudik diperbolehkan, akan semakin meningkatkan risiko terpapar bagi masyarakat berusia rentan," katanya.



Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan pelarangan mudik 6-17 Mei 2021 pada momen Idul Fitri akan dilakukan secara tegas. Dia mengungkapkan akan dilakukan penyekatan di lebih dari 300 lokasi.

Semua pelanggaran mudik akan ditindak secara tegas baik untuk mobil pribadi maupun angkutan umum ilegal plat hitam. Budi mengatakan sesuai arahan presiden menyarankan untuk rencana mudik tidak dilanjutkan dan tinggal di rumah saja. Budi menjelaskan ada pengecualian yang boleh melakukan mudik, tapi belum mau diperinci olehnya.

"Suatu pergerakan hanya memberikan fasilitas bagi mereka yang dikecualikan (Peraturan Menteri) Menko PMK karenanya kita beri layanan secara terbatas," kata dia.

Tidak hanya itu, untuk moda transportasi laut dan kereta api akan dilakukan pengurangan fasilitas yang beroperasi. Untuk kereta api akan dilakukan pengurangan suplai dengan hanya mengoperasikan kereta luar biasa untuk antar kota. Wilayah aglomerasi seperti Jabodetabek akan diturunkan juga suplai kereta yang beroperasi.



[Gambas:Video CNBC]

(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading