Dear Bapak Ibu Gubernur, Ada Pesan Nih Dari Bu Sri Mulyani!

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
30 March 2021 14:03
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Acara Temu Stakeholder Untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional. (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kembali waspada, kali ini bukan hanya terhadap pandemi tapi juga terhadap perubahan iklim. Pemerintah daerah kini diminta untuk berpartisipasi dalam pendanaan perubahan iklim.

Pasalnya, kata Sri Mulyani pembiayaan pendanaan perubahan iklim dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tidak akan cukup mampu untuk meningkatkan komitmen pemerintah untuk menjaga iklim.

"APBN tidak akan memadai menunjukkan komitmennya di bidang climate change selama daerah tidak ikut berpartisipasi. Pemerintah akan meminta komitmen pendanaan (pemerintah daerah) dari APBD-nya," jelas Sri Mulyani dalam sebuah webinar, Selasa (30/3/2021).


Pada tahun ini pemerintah, kata Sri Mulyani akan memulainya yang juga masuk dalam program climate budget tagging di daerah di 11 daerah, yang terdiri dari 7 Pemerintah Provinsi, 3 pemerintah kabupaten, dan 1 pemerintah kota.

"Untuk 7 provinsi ada Gorontalo, Riau, Jawa Barat, Aceh, Kalimantan Utara, Papua, dan Papua Barat. Tiga kabupaten yakni kabupaten Gorontalo, Sumedang, dan Siak. Serta satu kota di Pekanbaru," jelas Sri Mulyani.

Dengan demikian, 11 daerah tersebut akan jadi daerah percontohan atau benchmark dalam upaya pemerintah daerah untuk berkontribusi dalam pendanaan proyek perubahan iklim.

"Dengan 11 daerah ini akan jadi benchmark dan menjadi tolak ukur dan kota lainnya di Indonesia. Semangat kita untuk menyelamatkan climate change akan semakin meningkat," jelas Sri Mulyani.

Dengan dana alokasi khusus (DAK) nonfisik yang selama ini dialokasikan bisa digunakan untuk memberikan bantuan penyediaan biaya layanan pengelolaan sampah. Kemudian dana insentif daerah (DID) juga ditujukan untuk mendukung pemerintah daerah dalam mengelola serta menangani sampah agar semakin sustainable dan ramah lingkungan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kata Sri Mulyani, Ada Musuh Seseram Covid Ancam Dunia!


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading