Kilang Meledak, Pertamina: Jangan Panik, Stok BBM Luber

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
29 March 2021 10:40
Minyak Balongan milik Pertamina Meledak

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Pertamina (Persero) memastikan stok bahan bakar minyak (BBM) nasional tetap aman meskipun ada kejadian Kilang Balongan di Indramayu, Jawa Barat, meledak.

Hal ini diungkapkan oleh Mulyono, Direktur Logistik, Supply Chain, dan Infrastruktur PT Pertamina (Persero) dalam konferensi pers, Senin (29/3/2021)

"Kondisi stok nasional sangat aman. Kami minta sekali lagi masyarakat enggak perlu panik karena stoknya luber," ujarnya.


Mulyono menyampaikan stok gasoline 10,5 juta barel cukup untuk 27-28 hari ke depan, dengan asumsi konsumsi nasional 62.500 kl per hari. Solar 8,8 juta barel cukup 20 hari ke depan dan avtur sekitar 3,2 juta barel setara 74 hari konsumsi.

"Jadi enggak perlu panik karena stok sangat banyak dan berluber, karena kondisi belum sepenuhnya normal dan konsumsi belum normal karena pandemi," jelasnya.

Diketahui, kilang Balongan meledak dan terbakar Senin dini hari pukul 00:45 WIB. Petugas sempat kesulitan memadamkan api karena material produk dalam kilang.

Kilang Balongan merupakan salah satu kilang terbesar di Indonesia dengan kapasitas 125 ribu barel per hari ini. Kegiatan bisnis di kilang Balongan mengolah minyak mentah yang dipasok dari Minas dan Duri di Provinsi Riau.

Minyak mentah dari Riau itu diolah menjadi bahan bakar minyak (BBM), Non BBM dan Petrokimia. Kilang mulai beroperasi sejak 1994.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading