Amankan Pasokan BBM, 4 Kilang Ini Gantikan Produksi Balongan

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
05 April 2021 18:22
Kebakaran Kilang Minyak Balongan (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Pertamina (Persero) mengoptimalkan empat kilang demi menjamin keamanan pasokan pasca terbakarnya empat tangki kilang Balongan.

Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Djoko Priyono mengatakan empat kilang lain yang dioptimalkan produksinya yakni Refinery Unit (RU) Dumai, Cilacap, Balikpapan, dan TPPI Tuban.

"Kita amankan unit-unit operasi RU yang lain. Naikkan intake ganti produksi yang hilang. Di Balikpapan, Cilacap, Dumai, dan TPPI tuban," ungkapnya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Panja di Komisi VII DPR RI, Senin, (05/04/2021)


Menurutnya dengan mengoptimalkan kilang-kilang lain ini, pasokan bahan bakar masih bisa terpenuhi. "Alhamdulilah bisa tercover dengan naikkan kapasitas di unit-unit tersebut," ucapnya.

Dia menyebut saat tangki kilang Balongan terbakar upaya pertama yang dilakukan Pertamina adalah melakukan penanganan tanggap darurat dengan menutup jalan ke arah kilang dan evakuasi masyarakat ke tempat aman.

"Investigasi kejadian masih berlangsung, sudah dibentuk tim internal dan eksternal," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan per hari ini, masyarakat di pengungsian ada 890 orang dua di antaranya adalah disabilitas dan sudah dievakuasi ke rumah sakit.

"Jumlah Kartu Keluarga (KK), anak-anak di bawah 18 tahun 305 orang, kemudian jumlah desa 4 desa, manula yang lebih dari 60 tahun 54 orang," tuturnya.

Korban dari kebakaran ini total 35 orang luka, dan 25 di antaranya sudah diperbolehkan pulang. Sisanya 4 orang di rumah sakit Pertamina Balongan dan 6 orang di rumah sakit Pertamina Pusat di Jakarta.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading