Kontroversi All England, Tim RI Pulang Saat Masih Isolasi

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
20 March 2021 18:20
China's Huang Yaqiong prepares to serve during the mixed doubles final against Malaysia's Pen Soon Chan and Liu Ying Goh and China's Lu Kai and Huang Yaqiong at the All England Open Badminton Championships in Birmingham, England, Sunday, March 12, 2017. China's Lu Kai and Huang Yaqiong won the final. (AP Photo/Rui Vieira)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tim Bulutangkis All England 2021 Indonesia diperbolehkan pulang ke tanah air pada Minggu, (21/03/2021). Kepulangan ini lebih cepat dari jadwal isolasi yang diinstruksikan NHS (National Health Service) hingga 23 Maret mendatang.

Dikutip dari CNN Indonesia, Sabtu (20/03/2021), Manajer Tim All England 2021 Indonesia, Ricky Soebagdja memastikan mereka kembali ke Tanah Air lebih cepat. Ricky mengatakan hal itu karena koordinasi yang baik antara PBSI dengan KBRI, Kemenlu dan Kemenpora.

Meski kecewa karena dipaksa mundur dari turnamen Yonex All England 2021, Ricky mengatakan saat ini hanya fokus memulangkan tim ke Indonesia secepatnya.


Skuad Indonesia dijadwalkan akan berangkat dari London pukul pukul 17.40 waktu setempat dengan menumpang pesawat maskapai Turkish Airlines TK1972.

Mereka akan singgah terlebih dulu ke Istanbul selama dua jam, lalu dilanjutkan dengan penerbangan TK56 tujuan Istanbul ke Jakarta, dan diperkirakan tiba pada pukul 18.00 WIB.

Lebih lanjut dia mengatakan, sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak, khususnya dengan Duta Besar RI di London, Desra Percaya. Selain itu, menurutnya KBRI juga memfasilitasi tes kit untuk swab secara mandiri.

"Alhamdulillah, setelah Pak Dubes, yaitu Pak Desra bertemu dengan pihak NHS, beliau mendapatkan izin dan keputusan bahwa kami bisa lebih cepat pulang ke Indonesia," ungkapnya.

Menurutnya hari ini pihaknya akan melakukan Swab PCR untuk syarat kepulangan nanti. Di mana alat tes kit-nya diberikan oleh KBRI.

"Ini semua sudah mendapatkan izin baik dari NHS, maupun panitia All England," tuturnya.

Sebelumnya, Tim Indonesia dipaksa mundur oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) dari ajang All England 2021. Hal ini terjadi karena tim Indonesia berada dalam satu pesawat dengan penumpang yang dinyatakan positif Covid-19 saat terbang dari Istanbul ke Birmingham.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Waspada Covid-19, DKI Jakarta Mau Tarik Rem Darurat Lagi


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading