RI Dipaksa Mundur dari All England, Ini Reaksi Satgas Covid

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
18 March 2021 19:28
Wiku Adisasmito Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 (Youtube BNPB)

Jakarta, CNBC Indonesia - Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk PenangananĀ Covid-19 Wiku Adisasmito angkat suara perihal dipaksa mundurnya perwakilan Indonesia dari All England 2021. Pernyataan disampaikan Wiku dalam taklimat media, Kamis (18/3/2021).

"Pemerintah menyayangkan peristiwa pembatalan tim nasional Indonesia yang berlaga di ajang All England," ujarnya.

Menurut Wiku, pada prinsipnya pemerintah menghormati regulasi penanganan pandemi Covid-19 yang berlaku di Inggris. Pemerintah yakin pada esensinya di manapun diselenggarakan akan menjunjung prinsip sportivitas.

Wiku menyebut hal itu mengacu pada perilaku penghormatan, pengakuan, dan toleransi serta hak sesama insan olahraga. Kemudian yang menciptakan persaingan positif tanpa merugikan pihak lain dan berlaku curang di dalam pertandingan atau luar pertandingan.

"Apapun keputusannya, terpenting adalah kesehatan atlet dan official agar terus terjaga hingga kembali ke tanah air. Satgas berharap atlet dan official diharapkan tetap semangat," kata Wiku.


Sebelumnya, kabar tidak sedap datang dari skuat bulu tangkis Indonesia. Seluruh perwakilan Indonesia dipaksa mundur oleh panitia dan BWF dari ajang All England 2021.

Manajer Tim Indonesia untuk All England 2021 Ricky Soebagdja mengatakan bahwa ini adalah kabar mengejutkan.

"Semua tim Indonesia pada saat tadi di lapangan panitia menyampaikan langsung pada saya bahwa tim Indonesia harus menarik diri," kata Ricky.

"Ini karena masalah dari government ada satu email yang masuk pada tim Indonesia."

Dia mengungkapkan bahwa dari 24 atlet yang berangkat ke Birmingham ini, 20 di antaranya mendapat email dari otoritas kesehatan Inggris. Di mana mereka harus melaksanakan isolasi selama 10 hari.

Ricky menyebut bahwa panitia BWF tidak bisa berbuat banyak. Pasalnya, ini sudah menjadi regulasi pemerintah Inggris.

Ricky juga memberitahu KBRI Indonesia di Inggris. Ia berharap untuk mencari kejelasan aturan pandemi Covid-19 di Inggris.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading