RI Kedatangan 1,1 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca Sore Ini

News - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
08 March 2021 16:01
Kedatangan Vaksin Covid-19 tahap keempat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (2/3/2021). (Dok: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Vaksin Covid-19 Oxford-AstraZeneca dijadwalkan tiba di Indonesia sore ini. Sebanyak 1,1 juta dosis vaksin tiba dalam bentuk produk jadi.

Vaksin Corona AstraZeneca didapat dari skema kerjasama multilateral Aliansi Global untuk Vaksin dan Imunisasi (GAVI) COVAX Facility.

"Iya dari COVAX," demikian konfirmasi Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi melalui pesan singkatnya, Senin (8/3/2021).


Juru Bicara Vaksinasi Bio Farma Bambang Heriyanto mengatakan vaksin akan tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten sekitar pukul 18:30 WIB.

"Iya betul dari AstraZeneca produk jadi, melalui skema COVAX," katanya.

Pemerintah sendiri rencananya akan menggelar konferensi pers saat vaksin tersebut tiba di tanah air.

Sebagai informasi, vaksin AstraZeneca sudah mendapat persetujuan dan masuk ke dalam daftar penggunaan darurat (EUL) WHO Februari lalu. Hal ini untuk memperluas penggunaan vaksin AstraZeneca.

Selain itu, vaksin adenovirus yang dikembangkan Universitas Oxford ini sudah terbukti aman digunakan pada lansia.

"Vaksin AstraZeneca adalah salah satu vaksin yang dapat digunakan pada usia 60 tahun ke atas yang kita ketahui dimana kelompok ini memiliki angka kematian tertinggi," kata Siti Nadia beberapa maktu lalu.

Studi di Lancet menunjukkan efikasi untuk AstraZeneca mencapai 70,4%, berdasarkan data analisis interim uji klinis di Brasil, Afrika Selatan, dan Inggris.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading