Pak Prabowo Pilih Kapal Selam Riachuelo atau Tipe 214 Jerman?

News - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
07 March 2021 14:45
Kapal selam Riachuelo. (Dok: Naval Group)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kapal selam merupakan salah satu target modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) di era kepemimpinan Menteri Pertahanan Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto.

Merespons hal itu, Prabowo pun melakukan safari ke berbagai negara dalam mewujudkan pengadaan kapal selam. Dalam kurun waktu tiga bulan belakangan, CNBC Indonesia mencatat Indonesia mendapatkan tawaran produk kapal selam dari Prancis dan Jerman.

Berikut adalah penjelasan singkatnya:

Kapal selam Riachuelo
Per Desember 2020, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dilaporkan berdiskusi dengan konsorsium perusahaan galangan kapal asal Perancis Naval Group. Seperti dilaporkan Janes, Indonesia tengah menjajaki pemesanan kapal selam kelas Riachuelo, yang merupakan modifikasi dari kelas Scorpene.

Scorpene adalah kapal selam konvensional yang dirancang oleh Naval Group (Perancis) untuk pasar ekspor. Naval Group memang memberikan promosi dengan iming-iming transfer teknologi dalam pembelian kapal selamnya.



Sedikitnya ada 14 kapal selam Scorpene sudah dioperasikan dan dibangun di luar Perancis antara lain Angkatan Laut Chili sebanyak 2 unit, Angkatan Laut Malaysia sudah beroperasi 2 unit, Angkatan Laut India sebanyak 6 unit dan Angkatan Laut Brasil 4 unit.

Desain Scorpene yang dibuat Brasil bersama Perancis sudah mengalami modifikasi sesuai dengan kebutuhan spesifik. Scorpene Brasil atau Riachuelo sedikit lebih panjang untuk membawa awak yang lebih besar, juga hampir dua kali lipat dalam jarak patroli, dan mampu menempuh jarak yang lebih jauh.

Scorpene dirancang multiguna sebagai kapal selam samudra juga cocok untuk operasi perairan dangkal. Sehingga mampu diandalkan untuk berbagai misi seperti perang anti-permukaan dan anti-kapal selam, operasi khusus, dan kegiatan intelijen.

Bisa dibilang kapal selam Riachuelo mengintegrasikan peningkatan dari kapal selam serang cepat Kelas Barracuda Perancis, Scorpene yang punya kemampuan lebih canggih.

Spesifikasi tentang Riachuelo di antaranya beban diatas permukaan 1.600 - 2.000 ton, panjang 72 meter dan kecepatan di dalam air mampu melebihi 20 knot.

Dengan kemampuan menyelam lebih dari 300 meter, kapal selam ini mampu menyelam selama 45 hari dengan kapasitas 35 orang awak. Total muatan senjata Riachuelo 18 unit, tabung senjata 6 laras dan mampu beroperasi di laut lebih dari 240 hari pertahunnya.


Kehebatan tipe 214
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading