Jokowi Jengkel: Pipa Banyak Tapi Masih Impor Untuk Apa?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
05 March 2021 10:22
Cover Fokus, dalam, panjang, 1100x429,  Jokowi Marah

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meminta dengan tegas proyek pemerintah maupun proyek yang dikerjakan melalui perusahaan pelat merah tidak menggunakan barang impor.

Hal tersebut ditegaskan Jokowi saat memberikan pengarahan dalam Rapat Kerja Nasional XVII Himpunan Pengusaha Muda (HIPMI) Tahun 2021 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

"Saya selalu menyampaikan ke kementerian dan lembaga, kepada BUMN, semua BUMN untuk memperbesar TKDN, komponen dalam negeri ini harus terus. Jangan sampai ada proyek pemerintah, proyek BUMN memakai barang impor," tegas Jokowi.


Menurut Jokowi, kebutuhan untuk pembangunan infrastruktur dalam negeri sejatinya sudah bisa dipenuhi oleh industri domestik. Jokowi bahkan tak habis pikir masih ada saja yang mengimpor barang yang sudah ada di dalam negeri.

"Pipa kita produksi banyak. Tapi masih impor untuk apa? Padahal dipakai untuk proyek pemerintah, BUMN. Kalau saya ngomong itu enggak boleh loh pak, gak boleh," kata Jokowi.

Jokowi mengajak seluruh pemangku kepentingan menyadari produk industri dalam negeri tidak kalah dengan luar negeri. Menurutnya, para pemangku kepentingan harus sadar betul akan hal itu.

"Itu harus dimulai dan kita harus benar-benar memulai, paling tidak dari pemerintah dan BUMN gede sekali angkanya. Kemudian dari cinta produk Indonesia dan tidak suka pada produk dari luar," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading