Jokowi: Saya Ngomong Benci Produk Asing, Gitu Aja Rame!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
05 March 2021 10:15
Peresmian Kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Sindang Sari, Kota Serang, 4 Maret 2021. (Tangkapan layar Youtube Setpres RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali buka suara mengenai jargon cintai produk lokal dan benci produk luar yang sempat ia sampaikan kemarin (4/3).

Berbicara saat memberikan pengarahan dalam Rapat Kerja Nasional XVII Himpunan Pengusaha Muda (HIPMI) Tahun 2021, Jokowi mengaku heran pernyataannya itu membuat heboh publik.

"Masa kita nggak boleh bilang tidak suka. Kan boleh saja nggak suka pada produk asing. Gitu aja rame. Saya ngomong benci produk asing, gitu aja rame," tegas Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.


Jokowi mengatakan pemulihan ekonomi Indonesia didukung dari sisi permintaan. Ia mengatakan, seharusnya produk dalam negeri bisa mendapatkan panggung lebih ketimbang produk impor.

"Kemarin saya sampaikan untuk cinta produk Indonesia, untuk bangga terhadap produk Indonesia, dan boleh saja kita bilang tidak suka pada produk asing," katanya.

Jokowi berpesan agar para industri lokal juga betul-betul memiliki semangat berkompetisi. Misalnya dari sisi produsen, memperbaiki kualitas produk, atau desain yang lebih kekinian.

"Untuk menuju loyalitas konsumen kita pada produk dalam negeri memang ada syaratnya. Kalau harga kompetitif tentu saja, kalau kualitasnya baik tentu saja," katanya.

Sebelumnya Jokowi menginginkan para pengusaha mal maupun pusat perbelanjaan memberikan ruang paling strategis bagi produk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Ia juga mengimbau agar kecintaan pada produk dalam negeri.

"Produk-produk dalam negeri gaungkan, gaungkan juga benci produk-produk dari luar negeri, bukan hanya cinta tapi benci.Cintaibarang kita, benci produk dari luar negeri sehingga betul-betul masyarakat kita menjadi konsumen yang loyalsekali lagi untuk produk-produk Indonesia," katanya kemarin.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading