Walah... Bea Cukai Akui Oknum PNS-nya Bikin Ulah!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
02 March 2021 08:24
Ilustrasi Gedung Bea CUkai (CNBC indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan angkat bicara perihal munculnya sebuah video yang memperlihatkan aksi kekerasaan terhadap pegawai negeri sipil (PNS) otoritas kepabeanan.

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Syarif Hidayat mengonfirmasi bahwa pegawai yang terlibat dalam kasus kekerasan fisik di Jayapura berstatus sebagai Kepala Kantor Bea Cukai.

Sejak masalah ini muncul, otoritas kepabeanan telah melakukan penanganan internal melalui Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Papua yang telah menerbitkan surat tugas investigasi pada Jumat, 26 Februari 2021 lalu.

"Tim Kanwil Bea Cukai Papua dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Kepatuhan Internal telah mulai melakukan investigasi sejak hari minggu dan sampai saat ini masih berlangsung," kata Syarif kepada CNBC Indonesia, Selasa (2/3/2021).

Syarif mengemukakan, Direktur Kepatuhan Internal pun telah memanggil Kepala Kantor Bea Cukai Jayapura ke Jakarta untuk dilakukan investigasi dengan surat panggilan tanggal 27 Februari dan telah diinvestigasi sejak 1 Maret.

"Hasil investigasi menunjukkan telah terjadi pembinaan pegawai yang berlebihan kepada pegawai-pegawai baru dalam rangka pembinaan kedisiplinan," katanya.

Untuk sementara, Bea Cukai di bawah komando Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi telah membebaskan sementara yang bersangkutan dari jabatan demi kelancaran pemeriksaan.

"Terhadap para pegawai yang mengalami tindakan fisik telah diberikan penguatan mental dan perlindungan yang langsung ditangani oleh KaKanwil Bea Cukai Papua," katanya.

Syarif menegaskan Bea Cukai tidak mentolerir cara-cara yang tidak sesuai dengan aturan dan prosedur-prosedur kepegawaian meskipun untuk tujuan pembinaan pegawai baru dan senantiasa mengutamakan kepemimpinan yang berkualitas.

"Serta menjunjung tinggi nilai-nilai Kementerian Keuangan khususnya kepemimpinan yang berintegritas dan profesional serta memperhatikan aspek keselamatan pegawai di Lingkungan DJBC," tegasnya.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading