Eksportir Ngamuk Sistem Bea Cukai Error 2 Minggu

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
14 July 2021 15:20
FILE PHOTO: A container ship is loaded at a terminal in the harbour of Hamburg, Germany September 23, 2012.     REUTERS/Fabian Bimmer/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Kalangan eksportir mengakui sistem layanan Customs-Excise Information System and Automation (CEISA) Direktorat Jenderal Bea Cukai sedang bermasalah hingga kini. Kondisi tersebut tentu menyulitkan arus keluar-masuk barang dari dalam maupun ke luar Indonesia.

"CEISA hang. Sudah mungkin dari dua minggu yang lalu. Jadi dampaknya terhambat dan terlambat," kata Ketua Umum Gabungan Pengusaha Ekspor Indonesia (GPEI) Benny Soetrisno kepada CNBC Indonesia, Rabu (14/7/21).

CEISA yang ada saat ini memang menggunakan sistem online sehingga bisa lebih rapi. Namun, bukan berarti tidak ada kendala, kelemahannya juga nampak saat ini. Ketika hang, sistem sama sekali tidak bisa digunakan.


"Jadi memang sistem sekarang ini semuanya otomatisasi, itu ada bagusnya, kecepatan lebih cepat, orang nggak ketemu orang. Tapi ada kelemahan, kalau hang harus ada jalan keluarnya," kata sebut Benny.

"Alurnya arus dokumen itu akan menentukan arus barang, arus barang menentukan arus uang. Kalau dokumen terhambat atau terlambat, maka lainnya juga terhambat dan terlambat," jelasnya.

Di sisi lain, Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan mengakui hingga saat ini sistem layanan CEISA belum bisa beroperasi.

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Syarif Hidayat mengatakan saat ini proses perbaikan sistem masih berjalan dan belum diketahui kapan akan selesai.

"Saat ini Bea Cukai tengah bekerja keras menangani gangguan Sistem CEISA. Penanganan dilakukan terhadap pemulihan sistem dan juga penanganan di lapangan berupa penyediaan layanan secara manual bagi beberapa layanan yang masih terkendala secara sistem," ujarnya kepada CNBC Indonesia, Rabu (14/7/2021).

Beberapa amukan datang dari eksportir melalui sosial media yang ditujukan kepada akun media sosial resmi DJBC.

"Harus tanya kemana lagi kalau semua platform sudah dicoba buat nanya kejelasan tapi tetap nggak jelas? Udah beberapa hari ini pak bu sistem CEISA masih gajelas begini? Kita eksportir importir sudah habis extra cost berapa ini tolong dong @beacukaiprio @beacukaiRI," ujar akun @roses_are_peach.

Kemudian ada juga, "Dari hari kamis sistem ceisa Bea Cukai down & dokumen impor kami sampai hari ini belum bisa diproses. Sudah coba ajukan manus tapi tidak ada hasilnya. Mohon untuk bisa ditindaklanjuti dan ditunggu kebijakan untuk diskon demorage dan biaya gudang yang sudah membengkak @jokowi @beacukaiRI," tulis akun @ridhoululalbab


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading