Pengakuan Jokowi: 99% Karhutla Karena Tangan Manusia!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
22 February 2021 16:44
Pelantikan Dewas dan Direksi BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan Masa Jabatan 2021-2026. (Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa 99% kebakaran hutan dan lahan karena ulah tangan manusia, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

Hal tersebut ditegaskan Jokowi saat memberikan pengarahan kepada peserta Rakornas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

"99% adalah ulah manusia baik disengaja maupun tidak disengaja," kata Jokowi, Senin (22/2/2021).


Jokowi mengutarakan, kebakaran hutan dan lahan kerap kali bermuara dari motif ekonomi. Teknik pembersihan lahan, kata Jokowi, memang paling mudah dengan pembakaran.

"Motif utama selalu satu. Ekonomi. Karena saya tau pembersihan lahan dengan pembakaran itu adalah cara yang paling murah. Tapi ini sudah dimulai edukasi kepada masyarakat, perusahaan, dan korporasi. Harus ditata ulang kembali," katanya.

"Cari solusi agar korporasi dan masyarakat membuka lahan tidak dengan cara membakar," tegasnya.

Jokowi lantas meminta adanya langkah penegakan hukum yang dilakukan tanpa kompromi, baik itu kepada masyarakat maupun korporasi milik perusahaan 'nakal'. Jokowi ingin ada sanksi tegas untuk hal ini.

"Terapkan sanksi tegas bagi pembakar kebakaran hutan dan lahan bak sanksi administrasi, perdata maupun pidana," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading