Jokowi Gerah! Ogah Dicap Tak Becus Selesaikan Karhutla

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
22 February 2021 16:55
Presiden Joko Widodo meninjau lokasi karhutla di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan, Kota Pekanbaru, Selasa, (17/9/2019)  (BPMI Setpres/Laily Rachev)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta dengan tegas jajarannya untuk betul-betul serius menangani kebakaran hutan dan lahan. Kepala negara tak ingin lagi Indonesia dianggap tak mampu menangani kebakaran hutan.

Hal tersebut ditegaskan Jokowi saat memberikan pengarahan kepada peserta Rakornas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Jangan sampai kita ini malu di Asean Summit, pertemuan negara-negara ASEAN ada satu, dua, tiga negara membicarakan lagi soal ini," kata Jokowi, Senin (22/2/2021).


Jokowi mengaku sudah cukup gerah dengan stigma sejumlah negara yang menganggap Indonesia seperti tidak bisa menyelesaikan masalah kebakaran hutan dan lahan.

"Dalam 5 tahun ini, sudah gak ada. Jangan sampai ada lagi. Saya titip. Malu kita. Dipikir kita tidak bisa menyelesaikan masalah ini. Bisa," tegasnya.

Jokowi lantas meminta aparat penegak hukum bisa melakukan tindakan hukum tanpa kompromi. Jokowi menginginkan penegakan hukum dilakukan tanpa pandang bulu terhadap pelaku pembakaran hutan dan lahan.

"Terapkan sanksi tegas bagi pembakar kebakaran hutan dan lahan baik sanksi administrasi, perdata maupun pidana," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading