Jokowi: Aturan Main Karhutla Jelas, Tak Mampu Dicopot!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
22 February 2021 15:29
Infografis/Jokowi murka! Ancam pecat Pejabat, Akibat Kebakaran Hutan RI/Aristya Rahadian Krisabella

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan aturan main soal kebakaran hutan tetap sama. Kepala negara tak akan segan-segan mencopot pejabat yang tidak mampu menangani kebakaran hutan.

Hal tersebut ditegaskan Jokowi saat memberikan pengarahan kepada peserta Rakornas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Kalau di wilayah saudara ada kebakaran dan membesar, dan tidak tertangani dengan baik, aturan mainnya tetap sama. Belum saya ganti. Saya kira kita masih ingat semua kalau ikut rutin setiap tahun pertemuan seperti ini dengan saya pasti ingat," kata Jokowi.


"Dicopot. Yaitu diganti, meski saya baru perintah ke Panglima dan Kapolri saat itu dua kali. Jadi kali ini saya ulang lagi ini hanya untuk pejabat baru agar semau tahu aturan main ini," tegasnya.

Pesan tegas Jokowi ini disampaikan teruntuk Pangdam, Kapolda, Kapolres, Danrem, maupun Danrim. Jokowi ingin mereka memahami betul kesepakatan yang sudah disepakati pada 2016 lalu.

"Sekali lagi ini untuk mengingatkan agar tidak lupa pada aturan main yang sudah disepakati di 2016. 2016 kita punya kesepakatan," katanya.

Jokowi menegaskan meskipun saat ini pemerintah tengah dihadapkan pada bencana banjir dan tanah longsor, ancaman kebakaran hutan juga perlu menjadi perhatian serius.

"Kita harapkan rencana pencegahan yang detail dan matang, sinergi yang kuat dan eksekusi lapangan yang semakin efektif," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading