Boeing Rilis Panduan Baru untuk Pilot Pesawat, Terkait SJ182?

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
19 February 2021 12:26
A man walks past a picture of Sriwijaya Air's passenger jet that crashed off Java island, put up at the command center for the search and rescue mission at Tanjung Priok Port in Jakarta, Indonesia, Sunday, Jan. 10, 2021. Indonesian rescuers pulled out body parts, pieces of clothing and scraps of metal from the Java Sea early Sunday morning, a day after a Boeing 737-500 with dozens of people onboard crashed shortly after takeoff from Jakarta, officials said. (AP Photo/Dita Alangkara)

Jakarta, CNBC Indonesia -Boeing mengeluarkan buletin teknis kepada maskapai penerbangan yang mengingatkan mereka untuk memastikan pilot memantau dengan cermat keadaan pesawat. Termasuk jalur penerbangan untuk mencegah kehilangan kendali dalam penerbangan.

Buletin tersebut, tertanggal 15 Februari, dikirim dengan merujuk laporan awal Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) tentang kecelakaan Sriwijaya Air penerbangan SJ182 pada 9 Januari lalu yang menewaskan 62 orang. Penerbangan itu menggunakan pesawat 737-500.


"Kesadaran awak pesawat yang terus-menerus tentang sikap pesawat, kecepatan udara, posisi kontrol penerbangan, dan pengaturan daya dorong sangat penting untuk pencegahan gangguan pesawat dan dapat mengurangi efek kejutan yang disebabkan oleh perubahan tak terduga yang cepat," kata buletin itu sebagaimana dilaporkan Reuters, Kamis (18/2/2021).

Selain itu Boeing juga mengatakan akan secara teratur berkomunikasi dengan maskapai-maskapai pengguna produknya seputar isu operasional pesawat mereka.

"Dalam koordinasi erat dengan otoritas investigasi dan regulator, komunikasi terbaru ini memperkuat pentingnya materi panduan dan pelatihan di seluruh industri dan Boeing tentang pencegahan dan pemulihan gangguan pesawat," kata pembuat pesawat asal Amerika Serikat itu.

KNKT dalam proses investigasi awal pesawat Sriwijaya Air SJ 182 menemukan adanya dua kerusakan yang ditunda perbaikannya atau biasa dikenal dengan istilah Deferred Maintenance Item/DMI sejak 25 Desember 2020. Kedua kerusakan itu adalah penunjuk kecepatan dan auto throttleatau tuas pengatur tenaga mesin.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading