Internasional

'Darah Muda', PM Finlandia Sanna Marin Masuk TIME Next 100

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
18 February 2021 11:00
Sanna Marin (Instagram/@Trendimag)

Jakarta, CNBC Indonesia - Majalah asal Amerika Serikat (AS) Time merilis daftar 100 figur yang diramalkan akan sangat berpengaruh di kemudian hari. Dalam daftar itu, ada salah satu figur Perdana Menteri (PM) termuda yang masuk.

Ia adalah Sanna Marin, PM Finlandia. PM yang berusia 35 tahun ini digadang-gadang sebagai salah satu figur yang berhasil dalam penanganan Covid-19 dan dirasa berhasil membangun kepemimpinan dan kepercayaan publik selama pandemi.


"Secara global, Sanna Marin selalu disambut sebagai figur PM yang masih sangat muda. Namun ia bukan seorang politisi amatiran dan saat pandemi berlangsung ia membuktikan bahwa kepemimpinan yang baik tidak bergantung pada usia," tulis Time pada akun Twitternya dikutip CNBC Indonesia, Kamis (18/2/2021).

Selain Sanna Marin, ada juga Marcus Rashford. Pemain bola asal Inggris yang bernaung di Manchester United itu juga masuk dalam daftar figur berpengaruh berikutnya itu masuk karena aksinya melobi Pemerintah Inggris untuk membatalkan penghapusan jatah makan gratis untuk anak-anak yang terdampak pandemi virus corona pada musim panas sebelumnya.

Selain dua figur itu, juga terdapat figur Amanda Gorman, yang membacakan puisi pada pelantikan Presiden AS Joe Biden, aktivis gerakan Black Lives Matter Jessica Byrd, dan Svetlana Tikhanovskaya, yang menantang Alexander Lukashenko dalam pemilihan presiden di Belarus.

Time telah menerbitkan daftar figur potensial yang dapat menjadi manusia paling berpengaruh sejak 2019, sebagai perluasan dari daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading