Saat Jusuf Kalla Pertanyakan Jokowi Soal Kritik ke Pemerintah

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
15 February 2021 12:48
Jusuf Kalla meraih penghargaan Lifetime Achievement di Malam penganugerahan CNBC Indonesia Awards 2019 di Java Ballroom The Westin Jakarta, Rabu 4 Desember 2019. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Nama Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) mendadak menjadi perbincangan publik. Kehebohan ini terjadi selepas JK buka suara perihal pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta masyarakat lebih aktif mengkritik pemerintah.

"Bapak Presiden mengumumkan silakan kritik pemerintah. Tentu banyak yang ingin melihatnya, bagaimana caranya mengkritik pemerintah tanpa dipanggil polisi seperti yang dikeluhkan oleh pak Kwik atau siapa saja? Tentu itu menjadi bagian daripada upaya kita semua," kata JK saat berbicara dalam sebuah diskusi yang disiarkan kanal PKSTVRI, seperti dikutip CNBC Indonesia, Senin (15/2/2021)

Pernyataan JK di atas mengacu pada cuitan Kwik Kwan Gie, Menteri Koordinator Ekonomi, Keuangan dan Industri era Presiden Abdurrahman Wahid. Melalui akun Twitter resminya, Kwik mengaku takut mengemukakan pendapat berbeda dari pemerintah.



"Saya belum pernah setakut ini mengemukakan pendapat yang berbeda dengan maksud baik memberikan alternatif. Langsung saja di-buzzer habis-habisan, masalah pribadi diodal-adil," kata Kwik dalam cuitannya.

JK lantas meminta seluruh pemangku kepentingan terkait mengutamakan kepentingan masyarakat di atas segalanya. Ia meminta agar hak masyarakat tetap terjaga demi menjaga iklim demokrasi yang baik.

"Kita harus menjaga kepentingan masyarakat, untuk ada tetap menjaga dari rakyat harus melihat pelaksanaan pemerintah yang baik secara demokratis, hak terjaga tapi juga ingin manfaatnya boleh saja demokrasi berjalan tanpa manfaat untuk rakyat itu tidak terjadi, maka demokrasi tidak berjalan dengan baik," katanya.


Tenaga Ahli Kantor Staf Kepresidenan Tuding JK Memprovokasi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading