Jokowi: Pandemi Belum Berakhir, Kita Harus Kerja Keras!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
11 February 2021 11:33
Jokowi di Peresmian Pembukaan Munas VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia, 11 Februari 2021 (Youtube/Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pandemi Covid-19 belum berakhir. Seluruh elemen bangsa harus tetap bekerja keras dalam mengatasi wabah.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memberikan pengarahan dalam peresmian pembukaan Munas IV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Saya ingin tegaskan pandemi belum berakhir, belum berakhir. Kita harus tetap bekerja keras," kata Jokowi, Kamis (11/2/2021).


Jokowi mengajak para pemangku kepentingan untuk bekerja lebih detail dalam menemukan cara baru dalam mengatasi persoalan pandemi, serta memanfaatkan krisis sebagai sebuah batu loncatan.

"Saya ingin mengajak bapak ibu melakukan langkah extraordinary yang mendesak," katanya.

Jokowi kemudian mengapresiasi kerja keras para wali kota di seluruh Indonesia yang telah bergerak bersama menangani Covid-19, baik yang berhubungan dengan dampak kesehatan maupun bidang sosial ekonomi.

"Kita harus semakin detail untuk menemukan cara baru dalam mengatasi permasalahan dan bahkan memanfaatkan kondisi krisis ini," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi mengaku telah memerintahkan kepada Panglima TNI Hadi Tjahjanto maupun Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit untuk membantu aparat di daerah dalam menggaungkan disiplin protokol kesehatan di tengah pandemi.

Namun, Jokowi mengingatkan kepada kepala daerah agar tidak hanya mengimbau masyarakat mengenakan masker. Menurut dia, jajaran di daerah juga perlu aktif membantu masyarakat, terutama yang tidak memiliki masker.

"Jangan hanya menyuruh pakai masker pakai masker, tapi saya tambah perintahnya juga harus bagi masker. Karena banyak rakyat tidak mampu beli masker. Selain menyuruh pake masker, tapi juga bagi masker," ujarnya.

Selain disiplin 3M, Jokowi juga menekankan agar para kepala daerah bisa meningkatkan 3T, yaitu tracing, testing dan treatment. Menurut dia, pelaksanaan di lapangan memegang peranan penting dalam hal ini.

"Sudah 2 minggu ini saya tekankan terus masalah ini tetapi paling penting pelaksanaan di lapangan. Paling penting itu," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading