Hati-hati! Jokowi Sebut Kas Negara Guncang Gegara Pandemi

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
26 March 2021 11:10
Infografis/ Mega Proyek Era SBY, Kelar di Tangan Jokowi/ Aristya Rahadian Foto: Presiden Joko Widodo (CNBC Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para kepala daerah untuk melakukan konsolidasi anggaran di tengah situasi kas keuangan negara yang saat ini mengalami guncangan.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memberikan pengarahan dalam peresmian pembukaan Musyawarah Nasional V Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

"Sudah sering saya sampaikan yang namanya konsolidasi anggaran harus betul-betul kita lakukan apalagi di tengah anggaran kita yang guncang seperti sekarang karena pandemi Covid-19," kata Jokowi.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu meminta para kepala daerah betul-betul melihat kembali rencana kerja yang sudah disusun dalam kas keuangan daerah. Kepala negara ingin, agar proyek yang dijalankan para kepala daerah bisa fokus.

"Harus dilihat betul yang biasa gak buka secara detail sekarang buka secara detail, cek secara detail, ke mana larinya, output-nya apa, outcome-nya apa. Semua harus dikalkulasi, semua harus dihitung," jelasnya.



Jokowi mengimbau agar fokus belanja pemerintah daerah bisa terencana dengan matang. Menurutnya, rencana pembangunan yang tersusun jauh lebih efektif terutama saat menyikapi kondisi kas keuangan negara yang tengah tertekan.

"Sudah sering saya sampaikan untuk banyak pos belanja. Semua dinas diberi, semua, semua, semua, kita nggak punya skala prioritas, nggak tahu prioritasnya yang mana," kata Jokowi.

"Untuk kabupaten menurut saya, dua saja cukup beri prioritas. Saya pingin semua pasar di kabupaten saya selesai dalam lima tahun ke depan ya sudah konsentrasikan angggaran itu ke sana," jelasnya.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Bicara Musuh Berat RI yang tak Terlihat, Bagai Hantu!


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading