Rencana Menteri Trenggono Sejahterakan Petani Kala Pensiun

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
09 February 2021 20:41
Gebrakan Menteri KP Memaksimalkan Potensi Sektor Kelautan RI(CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kelautan Dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengungkapkan rencananya untuk membuat asuransi hari tua dan tunjangan hari tua bagi nelayan. Saat ini asuransi yang ada tersedia bagi nelayan ini hanya untuk kecelakaan.

"Asuransi dari pemerintah saat ini hanya asuransi kecelakaan. Kalau tidak ada kecelakaan ya tidak ada dapat [uang pertanggungan]. Setahu saya asuransi itu bisa ditingkatkan di leverage kalau dia sakit tergantung dari preminya," katanya dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi IV DPR RI, Selasa (9/2/2021).

Fasilitas lainnya yang bisa diberikan kepada nelayan yaitu uang pensiun. Walaupun belum bisa diperinci bagaimana mekanisme bagaimana nelayan bisa mendapat kepastian tunjangan hari tua.


Dia memastikan skema tunjangan itu akan dibicarakan dengan pihak asuransi termasuk usulan dari Komisi IV DPR.

"Tunjangan hari tua ini menarik. Jadi nelayan berusia 70 tahun masih mau melaut boleh-boleh saja. Tapi paling tidak ada asuransi yang membolehkan nelayan dapat tunjangan hari tua di umur 60 tahun kan ini menarik," tambahnya.

Sebelumnya, Wahyu juga menjelaskan Nelayan harus memiliki tiga hal yakni asuransi kecelakaan, asuransi kesehatan dan tunjangan hari tua. Kepastian jaminan hari tua atau uang pensiun nelayan ini menjadi salah satu program prioritas KKP.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading