BPJS Sudah Gak Tekor, Ini Iuran Terbaru Kelas I, 2 & 3

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
09 February 2021 10:43
BPJS Kesehatan Luncurkan Data Sampel 2015-2018 (Dok. BPJS Kesehatan)

Jakarta, CNBC Indonesia - BPJS Kesehatan akhirnya mencatat surplus pada tahun 2020 setelah beberapa tahun sebelumnya selalu mengalami defisit.

BPJS Kesehatan mencatatkan saldo kas dan setara kas surplus Rp 18,7 triliun pada 2020. Pendanaan Program JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat) terhitung cukup bahkan arus kas DJS (Dana Jaminan Sosial) Kesehatan mulai surplus yang menandakan kondisi keuangan berangsur sehat.

"Kondisi keuangan DJS Kesehatan yang berangsur sehat ini ditunjukkan dengan kemampuan BPJS Kesehatan dalam membayar seluruh tagihan pelayanan kesehatan secara tepat waktu kepada seluruh fasilitas kesehatan, termasuk juga penyelesaian pembayaran atas tagihan tahun 2019," kata Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris dalam konferensi pers virtual, Senin (08/2/2021).


Dengan begitu pada 2021 BPJS Kesehatan diharapkan mulai dapat membentuk dana cadangan teknis untuk memenuhi persyaratan tingkat kesehatan keuangan DJS Kesehatan sesuai regulasi. Cashflow (arus kas) DJS Kesehatan yang cukup ini, menurutnya juga akan berimbas pada kualitas layanan.

Fachmi mengatakan BPJS Kesehatan dan pemangku kepentingan terus melakukan monitoring atas pemberian layanan kepada peserta. Fasilitas kesehatan diharapkan konsisten memberikan layanan yang berkualitas dan tidak melakukan tindakan penyimpangan yang berdampak pada pembiayaan program jaminan kesehatan menjadi tidak efektif dan efisien.

"Tentu untuk prediksi kondisi DJS Kesehatan ke depan, terlebih di masa pandemi Covid-19, kita akan terus pantau. Dengan memperhatikan tingkat kesehatan masyarakat serta melihat kondisi ekonomi Indonesia.

Namun kondisi cashflow DJS Kesehatan yang berangsur sehat ini menjadi hal yang positif untuk keberlangsungan Program JKN-KIS ke depan. "Tongkat estafet ini diharapkan dapat meringankan laju Direksi BPJS Kesehatan di masa mendatang," kata dia.

NEXT: Besaran iuran BPJS Kesehatan

Besaran Iuran BPJS Kesehatan Terbaru
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading