Dituding Korupsi Triliunan, Netanyahu: Saya tidak Bersalah!

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
08 February 2021 18:25
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan istrinya Sara melambai ketika Netanyahu berbicara setelah pengumuman jajak pendapat dalam pemilihan parlemen Israel di markas besar partai di Tel Aviv, Israel 10 April 2019. (REUTERS / Ammar Awad)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu mengatakan kepada Pengadilan Yerusalem, Senin (8/2/2021), bahwa dia tidak bersalah atas satu tuduhan penyuapan dan tiga tuduhan penipuan dan pelanggaran kepercayaan.

Melansir CNN International, Netanyahu, mengonfirmasi bahwa pengakuan tidak bersalah, yang diajukan sebelumnya dalam bentuk tertulis oleh pengacaranya, mewakili jawabannya atas tuduhan tersebut. Persidangan ini merupakan kali kedua bagi Netanyahu.

"Saya mengonfirmasi jawaban tertulis yang dikirimkan atas nama saya," kata Netanyahu kepada para hakim.

Netanyahu, yang merupakan PM Israel pertama yang muncul di pengadilan sebagai terdakwa, didakwa dalam tiga kasus terpisah.

Dalam kasus yang paling serius, Netanyahu dituduh mengambil manfaat dari peraturan senilai lebih dari 1 miliar shekel atau sekitar Rp 4,2 triliun untuk mendukung perusahaan telekomunikasi yang dikendalikan oleh seorang temannya, kata jaksa penuntut. Sebagai gantinya, Netanyahu menerima liputan yang baik dari situs berita, bahkan memengaruhi pemilihan kata dan cerita, tuduh jaksa.

Sidang pengadilan hari Senin juga membahas jadwal persidangan, khususnya kapan persidangan pembuktian penuh harus dilakukan.

Masyarakat Israel memberikan suara dalam pemilihan umum dalam waktu enam minggu. Ada indikasi keinginan Netanyahu untuk menunda pembukaan penuntutan dan pemanggilan saksi. Hal itu pun tak ayal dibela sekutunya.

"Membiarkan persidangan berlanjut saat ini akan merupakan "campur tangan besar dalam proses pemilihan oleh pengadilan," kata Ketua Parlemen Yariv Levin kepada surat kabar Israel Hayom pada hari Minggu.



Di luar pengadilan, puluhan demonstran anti-Netanyahu berkumpul, banyak yang membawa plakat "Menteri Kejahatan". Pendukungnya juga keluar dalam jumlah, salah satunya membawa spanduk bertuliskan, "Kamu tidak akan pernah berjalan sendiri, Netanyahu."

Pada Minggu malam, Netanyahu mengeluarkan pernyataan yang mendesak pengikut untuk tinggal di rumah karena pandemi.

"Saya tahu Anda ingin memberi saya kekuatan dalam menghadapi kasus-kasus yang dijahit dan palsu terhadap saya. Tetapi kita berada dalam masa mutasi menyebar di dunia, bahkan di Israel, jadi demi kesehatan Anda saya meminta Anda - jangan datang besok, "kata pernyataan itu.

Dia melanjutkan dalam pernyataan itu untuk mengulangi klaimnya bahwa persidangannya merupakan upaya seperti kudeta untuk mengeluarkannya dari jabatannya.

"Semua orang memahami bahwa ini adalah upaya transparan untuk menggulingkan perdana menteri yang kuat dari kanan dan dengan demikian membuat pemerintah sayap kiri yang dipimpin oleh [pemimpin oposisi Yair] Lapid."

Di bawah hukum Israel, Netanyahu tidak harus mengundurkan diri meskipun dia sekarang diadili. Hanya jika dia terbukti bersalah, dan setiap keyakinan ditegakkan melalui proses banding, dia akan dipaksa untuk melepaskan jabatannya.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading