2 Sektor ini Bakal Survive Saat Pandemi Covid-19, Apa Saja?

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
27 January 2021 18:25
M Chatib basri Foto: Detikcom/ Ari Saputra

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Periode 2013-2014 Chatib Basri mengungkapkan dua sektor yang akan survive di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu diungkapkan Chatib dalam webinar Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia "Covid-19 dan Percepatan Pemulihan Ekonomi 2021: Harapan, Tantangan, dan Strategi Kebijakan" yang ditayangkan di kanal Youtube Universitas Indonesia, Rabu (27/1/2021).

"Sektor mana yang akan survive di tengah kondisi ini. Satu, health. Kedua, sektor yang mampu bertransformasi ke digital," ujar Chatib.

Komisaris Utama Bank Mandiri itu lantas teringat momen krisis 1998. Saat itu, para artis sampai harus menjual makanan lewat warung tenda.



"Sekarang hal yang sama juga terjadi, tetapi tidak mungkin dengan warung tenda, yang dilakukan adalah menjual makanan melalui Instagram, melalui Facebook. Coba lihat ibu-ibu sekarang hampir semua isinya adalah dapur macam-macam di mana mereka bisa survive," kata Chatib.

Oleh karena itu, dia bilang ada perubahan perilaku di mana orang-orang melakukan penyesuaian.

"Saya kira yang terjadi adalah accidental transformation di mana transformasi kepada digital akan terjadi lebih cepat dari pada yang kita perkirakan. Ini akan membuat sebuah peluang bisnis yang luar biasa," ujar Chatib.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading