Internasional

Bukan Biden, Kakek Ini Bintang Hari Pelantikan Presiden AS

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
22 January 2021 12:10
Gaya Senator Vermont, Bernie Sanders, yang memakai jaket musim dingin dan sarung tangan bermotif menjadi viral di media sosial. (AP/Carolyn Kaster)

Jakarta, CNBC IndonesiaJoe Biden dan wakilnya Kamala Harris telah resmi dilantik menjadi presiden dan wakil presiden Amerika Serikat (AS). Keduanya mengambil sumpah menjadi orang nomor satu dan nomor dua di negeri adidaya itu, di gedung parlemen The Capitol Hill, Washington DC Rabu (20/1/2021) siang waktu setempat atau Kamis (21/1/2021) dini hari waktu RI.

Namun dalam kesempatan itu, ada salah satu figur undangan yang cukup mencuri perhatian. Bahkan menjadi viral di media sosial global. Siapa dia?


Gaya Senator Vermont, Bernie Sanders, yang memakai jaket musim dingin dan sarung tangan bermotif menjadi viral di media sosial. (AP/Carolyn Kaster)Foto: Gaya Senator Vermont, Bernie Sanders, yang memakai jaket musim dingin dan sarung tangan bermotif menjadi viral di media sosial. (AP/Carolyn Kaster)
Gaya Senator Vermont, Bernie Sanders, yang memakai jaket musim dingin dan sarung tangan bermotif menjadi viral di media sosial. (AP/Carolyn Kaster)

Dia adalah Bernie Sanders. Ia adalah seorang senator asal Negara Bagian Vermont.

Pria 79 tahun itu sebelumnya juga mengikuti konvensi pencalonan presiden Partai Demokrat bersama-sama dengan Biden menjadi Presiden. Di masa Trump maju sebagai calon presiden Republik tahun 2018, ia juga maju namun kalah dari Hillary Clinton.

Bernie menjadi perhatian publik karena mengenakan jaket parka yang sederhana. Ini sangat kontras dengan mantel politisi negara lainnya yang megah dan glamour.

Selain itu sarung tangan yang ia kenakan juga terlihat sederhana. Pakaian Bernie itu didesain oleh seorang guru di Vermont.

"Fakta bahwa sarung tangan ini, yang terbuat dari bahan daur ulang dan digunakan kembali dan berhasil mencapai panggung nasional benar-benar membuat keriuhan di Vermont," kata Jen Eliis, seorang guru yang membuat sarung tangan tersebut saat diwawancarai Nbcboston.com, dikutip Jumat (22/1/2021).

"Saya sangat bangga dia membawanya ke DC, dan bahwa dia ada di sana untuk momen bersejarah (pelantikan presiden)."

Selain itu, gaya posisi duduk Biden pun menjadi perbincangan publik. Pasalnya kakinya menyilang dan tangannya pun dilipat dengan posisi silang.

Gesturnya kelihatan santai sekali. Karena itu, foto Bernie telah dijadikan meme oleh sebagian netizen.

Ilustrasi Bernie Sanders. IstFoto: Ilustrasi Bernie Sanders. Ist
Ilustrasi Bernie Sanders. Ist

Sebelumnya, pakaian yang dikenakan Bernie memang seringkali digunakan saat mencalonkan diri dalam konvensi Partai Demokrat. Ia telah menjadi favorit Amerika dengan kebijakan 'perawatan kesehatan untuk semua'.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading