Calon Menhan AS Lloyd Austin Bicara Soal China, Apa Katanya?

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
21 January 2021 19:28
Mantan Jenderal Perang Di Irak Lloyd Austin Calon Kuat Menhan AS

Jakarta, CNBC Indonesia - Calon menteri pertahanan Amerika Serikat pilihan Presiden Joe Biden, pensiunan Jenderal Angkatan Darat Lloyd James Austin III, mengatakan tindakan China yang semakin agresif di seluruh Indo-Pasifik akan menjadi perhatian utama AS.

Lloyd juga mengatakan tindakan Pakistan terhadap kelompok teror anti-India seperti Lashkar-e-Taiba (LeT) dan militan Islam, Jaish-e-Mohammad (JeM) tidak diselesaikan dengan baik.

Hal ini Lloyd katakan pada sidang Komite Angkatan Bersenjata Senat, Selasa (19/1/2021) lalu. Ia juga mengatakan bahwa jika dia dikonfirmasi untuk jabatan menlu AS, dia akan bekerja untuk terus meningkatkan kemitraan pertahanan dengan India, dengan mengoperasionalkan status 'Mitra Pertahanan Utama' India.


Dalam kesaksiannya kepada komite Senat, Austin mengatakan di panggung global, Asia harus menjadi fokus dari upaya AS, dan bahwa dia melihat China sebagai tantangan bagi Departemen Pertahanan AS.

"Secara global, saya yakin tantangan paling signifikan yang akan saya hadapi adalah memastikan upaya berkelanjutan Departemen Pertahanan untuk mempersiapkan dan memperkuat militer AS untuk lanskap keamanan masa depan yang dinamis yang didorong oleh percepatan persaingan dengan China dan Rusia, sambil tetap memastikan kemampuan kami untuk mencegah berbagai ancaman saat ini," kata Lloyd dalam jawaban tertulis, dikutip dari Hindustan Times.

Lloyd menilai "perkembangan pesat dan fokus operasional" China dan modernisasi Tentara Pembebasan Rakyat, termasuk kemampuannya untuk melakukan operasi informasi, dunia maya, dan ruang angkasa "merupakan ancaman keamanan yang signifikan dan jangka panjang bagi Amerika Serikat dan kepada sekutu dan mitra kami."

"Tindakan yang semakin agresif (China di Indo-Pasifik juga mengkhawatirkan dan AS membutuhkan) postur kekuatan yang lebih tangguh dan terdistribusi di Indo-Pasifik sebagai tanggapan atas kemampuan dan pendekatan kontra-intervensi China," katanya.

Calon Menhan AS juga Ungkit Pakistan dan India
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading