Internasional

Mirip Drama Korea, Jatuh Bangun Kehidupan Biden Presiden AS

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
21 January 2021 16:06
Joe Biden is sworn in as the 46th president of the United States by Chief Justice John Roberts as Jill Biden holds the Bible during the 59th Presidential Inauguration at the U.S. Capitol in Washington, Wednesday, Jan. 20, 2021.(Saul Loeb/Pool Photo via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Joe Biden telah resmi dilantik menjadi presiden dan wakil presiden Amerika Serikat (AS). Ia mengambil sumpah menjadi orang nomor di negeri Paman Sam, di gedung parlemen The Capitol tepat pukul 12.00 waktu Washington DC, Rabu (21/1/2021).

"Saya sungguh-sungguh bersumpah bahwa saya akan setia menjalankan Kantor Presiden Amerika Serikat, dan akan dengan kemampuan terbaik saya, melestarikan, melindungi, dan membela Konstitusi Amerika Serikat," kata Biden bersumpah ditemani sang istri Jill Biden, anak dan cucunya.




President Joe Biden and first lady Jill Biden, kiss as his son Hunter Biden and daughter Ashley Biden look on after being sworn-in during the 59th Presidential Inauguration at the U.S. Capitol in Washington, Wednesday, Jan. 20, 2021. (AP Photo/Andrew Harnik, Pool)Foto: Presiden Joe Biden dan ibu negara Jill Biden, berciuman didampingi putranya Hunter Biden dan putrinya Ashley Biden usai pelantikan Presiden ke-59 Amerika Serikat di US Capitol di Washington, Rabu, 20 Januari 2021. (AP Photo/Andrew Harnik, Pool)
President Joe Biden and first lady Jill Biden, kiss as his son Hunter Biden and daughter Ashley Biden look on after being sworn-in during the 59th Presidential Inauguration at the U.S. Capitol in Washington, Wednesday, Jan. 20, 2021. (AP Photo/Andrew Harnik, Pool)

Namun tahukah Anda, kalau kisah hidup Biden sebenarnya pernah mirip dengan tragedi di drama Korea?

Istrinya, Jill Biden, sebenarnya merupakan pasangan kedua pria 77 tahun itu. Sebelumnya Biden pernah menikah dengan Neilia Hunter di tahun 1966.

Saat itu, ia masih menjadi mahasiswa hukum di Syracuse, New York. Pasangan itu memiliki tiga anak, dua putra yakni Joseph 'Beau' Biden dan Robert Hunter Biden serta seorang putri Naomi Christina 'Amy'.

Dikutip dari as.com, tragedi menimpa keluarga itu pada sore hari, 18 Desember 1972. Ketika itu, Neilia, mengajak ketiga anak mereka yang masih kecil untuk berbelanja keperluan Natal.

Station Wagon Chevrolet yang dikemudikan Neilia ditabrak oleh trailer traktor yang membawa jagung saat dia berhenti di persimpangan jalan. Kejadian itu menewaskan Neilia serta Naomi yang masih berusia 13 bulan.



Sementara Beau dan Hunter, yang saat itu masih berumur 4 dan 3 tahun menderita luka serius. Namun keduanya masih selamat.

Padahal pada saat itu, Biden baru saja mendapat jabatan di Senat AS. Ia pun akhirnya mengambil sumpah jabatan di samping putranya yang masih terbaring di rumah sakit.

Dalam autobiografi-nya 'Promise Me,Dad', Biden sempat mengatakan kalau dia sempat mengalami luka batin karena kehilangan istri dan anak yang dicintainya. Ia mengaku perlu waktu lama untuk pulih.

Namun semuanya berubah setelah Biden menemukan sosok Jill Stevenson, yang kini menjadi istrinya. Keduanya menikah pada tahun 1977.

Jill yang seorang tenaga pendidik mampu merebut hati Biden. Perempuan ini adalah seorang profesor dengan empat gelar dan dosen penuh waktu di departemen bahasa Inggris di Northern Virginia Community College.

Ia membesarkan kedua anak Biden Beau dan Hunter. Pasangan ini-pun memiliki buah hati bernama Ashley, yang lahir tahun 1981.

Tragedi belum berakhir di situ. Tahun 2010, anak Biden, Beau didiagnosis menderita kanker di 2013.

Setelah sejumlah kemoterapi, Beau meninggal di Mei 2015. Saat itu, ia masih berusia 46 tahun.

Hunter kini berusia 50 tahun. Ia adalah seorang pengacara dan penasihat investasi.

Sementara Ashley adalah seorang pekerja sosial dan aktivis. Namun, ia juga perancang busana dan pendiri perusahaan mode etis Livelihood.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading