Perkenalkan Llyod Austin, Menhan Kulit Hitam Pertama AS

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
23 January 2021 14:50
Llyod Austin (Ist)

Jakarta, CNBC Indonesia - Senat Amerika Serikat (AS) mengonfirmasi pensiunan Jenderal Angkatan Darat Lloyd Austin untuk menjabat sebagai Menteri Pertahanan dalam kabinet pemerintahan Presiden Joe Biden.

Keberhasilan Lloyd Austin duduk di pucuk pimpinan tertinggi Departemen Pertahanan AS membuatnya menjadi menteri pertahanan kulit hitam pertama dalam sejarah negeri Paman Sam.

Dalam sidang pemungutan suara yang dilakukan Senat AS, Lloyd memperoleh dukungan fantastis dengan mengantongi 93 suara berbanding 2 suara senator yang meniolak. Adapun kedua senator tersebut berasal dari Partai Republik.


Anggota parlemen dari Partai Demokrat maupun Partai Republik merasa senang Austin akan memimpin Pentagon, hanya dua hari setelah Joe Biden dilantik sebagai kepala negara, seperti dikutip Reuters, Sabtu (23/1/2021).

Senator Jack Reed, Ketua Partai Demokrat yang berasal dari Komite Angkatan Bersenjata Senat menekankan bahwa AS saat ini menghadapi berbagai tantangan, mulai dari pandemi virus corona (Covid-19), hingga persaingan China dan Rusia.

"Jenderal Austin adalah pemimpin yang sangat berkualitas dengan karir yang panjang dan terhormat di militer AS," kata Reed sebelum pemungutan suara.

Austin merupakan pensiunan jenderal bintang empat yang dikenal sebagai veteran untuk konflik Irak dan Afghanistan. Pria berumur 67 tahun itu pernah memimpin pasukan AS dalam misi di Baghdad tahun 2003 dan pernah menjabat sebagai Kepala Komando Pusat AS.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading