Kosong! Pedagang Daging Sapi Mulai Mogok, Harga Siap Lompat

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
20 January 2021 11:32
Ilustrasi pasar daging dipasar Senen yang sepi. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pedagang daging sapi di Jabodetabek melancarkan aksi mogok dagang mulai Rabu (20/1) selama 3 hari sebagai akibat tingginya harga daging sapi. Pantauan di Pasar Senen, Rabu pagi (20/1), Jakarta Pusat, pelapak daging sapi kosong dari pedagang dan daging sapi.

Mereka mendesak pemerintah turun tangan mengendalikan harga, sebab bila dibiarkan harga daging sapi makin liar bahkan membumbung tinggi jelang Lebaran 2021 nanti.

"Pemerintah ke depan akan mencoba lakukan impor sapi, bukan dari Australia aja tapi juga dari Meksiko, baru opsi. Di mana proses perjalanan Meksiko ke Indonesia satu bulan, sedangkan Ramadhan 2021 jatuh 17 April 2021," kata Ketua Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI) Asnawi kepada CNBC Indonesia, Rabu (20/1/2021).


Artinya, dalam waktu tiga bulan, pemerintah perlu memastikan sapi itu bisa tiba di Indonesia. Jika tidak, harga komoditas ini bisa kembali mengerek naik seperti umumnya momen bulan Ramadhan setiap tahun.

"Di satu sisi waktunya sangat mepet, apa mungkin? Perizinan, birokrasi, negosiasi antar negara B2B (business to business) dan G2G (government to government) itu kan makan waktu. Apa sapi itu ketika sampai siap potong juga nggak? Harus ada rekondisi, recovery," papar Asnawi.

Beragam hal itu perlu menjadi perhatian. Setiap tahap harus melewati momen yang pas. Di satu sisi, Ia menyebut stok saat ini memang mencukupi. Namun, menjelang puasa biasanya menjadi rentan karena kebutuhan sulit tercukupi.

"Menjelang puasa ada kalau nggak secepatnya tindakan maka stok krisis menjelang hari raya. Kalo menipis otomatis harga melonjak. Demand lebih tinggi," kata Asnawi.

Pedagang daging sapi di kawasan Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek) berencana melancarkan aksi mogok jualan mulai hari ini, Rabu (20/1) sampai tiga hari ke depan. Aksi ini merupakan protes kepada pemerintah karena tingginya harga daging sapi di pasar sejak awal tahun.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading