Round Up

Saat Joe Biden Andalkan Para Veteran Untuk Bantu Pimpin AS

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
17 January 2021 15:11
President-elect Joe Biden gesturing to supporters, Saturday, Nov. 7, 2020, in Wilmington, Del. (AP Photo/Andrew Harnik, Pool)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden mencalonkan veteran diplomat menduduki posisi penting di pemerintahan. Biden mencalonkan veteran kebijakan luar negeri Wendy Sherman, negosiator kesepakatan nuklir dengan Iran pada 2015 untuk menjadi pejabat nomor dua di Departemen Luar Negeri.

Kemudian Victoria Nuland, top Diplomat AS, Duta Besar NATO, dan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri untuk menjadi wakil menteri yang membidangi politik. Sherman Memiliki gelar master dalam pekerjaan sosial, adalah konselor Departemen Luar Negeri dari tahun 1997 hingga 2001, saat ia juga menjadi koordinator kebijakan di Korea Utara. Dari 1993 hingga 1996 ia menjabat sebagai asisten sekretaris negara bagian untuk urusan legislatif.

Dilansir dari Reuters, karena hubungannya dengan kesepakatan Iran, yang ditentang keras oleh Partai Republik dan beberapa Demokrat, Sherman diperkirakan akan menghadapi beberapa masalah dalam memenangkan konfirmasi di Senat.


Namun, jalannya diperkirakan akan lebih mudah setelah Partai Demokrat yang mengusung Joe Biden memenangkan dua pemilihan putaran kedua pada 5 Januari yang memberi mereka kendali atas Senat.

Sherman saat ini adalah profesor di Sekolah Pemerintahan John F. Kennedy di Universitas Harvard dan penasihat senior di Albright Stonebridge Group, sebuah firma strategi dan diplomasi komersial.

Sementara Nuland, mantan asisten menteri luar negeri untuk urusan Eropa, menjabat sebagai wakil penasihat keamanan nasional untuk Wakil Presiden Dick Cheney dari 2003 hingga 2005 dan sebagai kepala staf untuk wakil menteri luar negeri dari 1993 hingga 1996.

Biden juga menominasikan salah satu penasihat kebijakan luar negeri lamanya, Brian McKeon, untuk menjadi Wakil Menteri Luar Negeri untuk Manajemen dan Sumber Daya.

Dia menominasikan Bonnie Jenkins sebagai Wakil Sekretaris Pengendalian Senjata dan Urusan Keamanan Internasional. Dia juga menominasikan Uzra Zeya untuk menjadi Wakil Sekretaris Keamanan Sipil, Demokrasi dan Hak Asasi Manusia.

Komite Hubungan Luar Negeri Senat akan mengadakan sidang konfirmasi pada hari Selasa untuk Antony Blinken, calon Biden untuk menjadi Menteri Luar Negeri. Calon yang diumumkan pada hari Sabtu akan bertugas di bawah Blinken.

Philip Gordon, veteran lain dari pemerintahan Obama dan Clinton, ditunjuk sebagai Wakil Penasihat Keamanan Nasional untuk Wakil Presiden terpilih Kamala Harris.


[Gambas:Video CNBC]

(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading