Kecelakaan Sriwijaya Air SJ182

Sampai Kapan Operasi SAR SJ 182 Dilakukan? Ini Kata Basarnas

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
15 January 2021 14:02
Petugas Basarnas menurunkan kantong jenazah dan puing korban pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Kamis (14/1/2021). Selanjutnya tim Basarnas menyerahkan beberapa kantong jenazah yang telah dikumpulkan kepada Tim DVI dan KNKT untuk pemeriksaan (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC IndonesiaBadan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menyatakan operasi pencarian dan pertolongan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 akan dilakukan hingga semua korban teridentifikasi.

Humas Basarnas Yusuf Latif menjelaskan, operasi pencarian dan pertolongan dari pihak Basarnas memang difokuskan untuk mencari korban, sementara untuk pencarian bagian pesawat merupakan fokus dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT)

"Kami sebagai Basarnas di sini, mengutamakan penemuan korban. Fokusnya pencarian korban hingga teridentifikasi," kata Yusuf kepada CNBC Indonesia saat dihubungi Jumat (15/1/2021).

Sampai hari ini, Tim SAR Gabungan masih terus mendapatkan penemuan korban dan serpihan pesawat. Namun, satu bagian black box, yaitu Cockpit Voice Recorder (CVR), masih belum ditemukan.

Update hari ke-6 pencarian atau tepatnya hingga Kamis (14/1/2021), Tim SAR Gabungan sudah berhasil mengevakuasi 239 bagian tubuh, 40 material kecil, dan 33 material besar pesawat.



"Seluruh objek pencarian tersebut setelah ditindaklanjuti tim DVI terurai menjadi 98 human body remain. Sementara tim KNKT mengurai 9 material pesawat besar dan 5 material kecil," ujar Kepala Basarnas Marsdya TNI (Purn) Bagus Puruhito melalui siaran resminya.

Adapun hingga Kamis (14/1/2021), Disaster Victim Identification (DVI) Polri kembali berhasil mengidentifikasi enam korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Dengan penambahan ini, maka total sudah ada 12 jenazah korban pesawat jatuh yang telah teridentifikasi.

Enam korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 teridentifikasi pada Kamis kemarin, yani Ricko (32), Ihsan Adlan Hakim (33), Supianto (37), Pipit Priyono (23), Mia Tresetyani (23), dan Yohanes Suherdi (37). Diketahui korban bernama Mia merupakan pramugari dalam pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

Sebelumnya, enam jenazah juga telah teridentifikasi, di antaranya Okky Bisma (30), Asy Habul Yamin (37), Fadly Satrianto (39), Khasanah (51), Indah Halimah Putri (27), dan Agus Minarni (48)



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading