Luhut Titip Soal WC di Tempat Wisata ke Sandiaga Uno, Kenapa?

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
08 January 2021 17:49
Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan punya permintaan khusus kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam hal perbaikan kualitas fasilitas tempat wisata. Salah satu poin yang menjadi fokus Luhut adalah pembenahan toilet atau WC di tiap-tiap tempat wisata.

"Saya minta peningkatan kualitas destinasi pariwisata di 5 destinasi super prioritas, yaitu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif agar meningkatkan alokasi anggaran ke 5 destinasi tersebut. Soal-soal kecil, seperti WC itu juga perlu diperbaiki. Jadi orang datang ke spot itu nggak kapok," kata Luhut dalam rapat virtual Jumat (8/1/21).

Adapun kelima destinasi super prioritas tersebut adalah Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo. Kelimanya diproyeksikan menjadi tempat pariwisata yang layak untuk menjadi tempat kunjungan bagi wisatawan asing, begitu juga bagi wisatawan lokal. Perlu langkah perbaikan antara lain meningkatkan penerapan pembayaran digital dengan menggunakan QR Code QRIS (Quick Response Indonesia Standard) Bank Indonesia pada destinasi pariwisata.


"Lalu untuk terus meningkatkan penerapan QRIS di 5 destinasi. Pak Menparekraf saya dengar katanya sudah ketemu dan akan mendesain platform supaya sebanyak mungkin menggunakan digital payment jadi tanpa cash lagi," sebut Luhut.

Sandiaga Uno menilai poin-poin itu bakal menjadi perhatiannya. Ia menyebut pandemi yang terjadi saat ini berpengaruh terhadap banyak hal baru bagi dunia pariwisata.

"Kita melihat pandemi ini menciptakan tren baru, pemulihan pariwisata harus bergantung pada wisatawan Nusantara, kalo bukan kita siapa lagi," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading