Luhut Genjot Terus Proyek 5 Destinasi Wisata Super Prioritas

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
01 December 2021 19:21
Keterangan Pers Menteri terkait Hasil Rapat Terbatas Evaluasi PPKM, Jakarta, (8/11/2021). (Tangkapan layar Setpres RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah mulai mempersiapkan lebih lanjut lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), yakni Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, dan Likupang di Sulawesi Utara.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa ada 101 isu dalam fokus pengembangan 5 DPSP pada tahun 2022. Setiap kepala daerah punya tanggung jawab untuk mempersiapkan DPSP di wilayahnya dengan baik, salah satunya adalah Likupang yang menarik banyak turis Tiongkok.

"Pak Olly (Gubernur Sulawesi Utara) sudah menyiapkan banyak fasilitas dan turis Tiongkok banyak datang di sana, jadi itu memberi hal baru," katanya dalam konferensi pers 5 DPSP, Rabu (1/12/21).


Selain itu, Luhut memerintahkan NTB untuk mengembangkan energi hijau dengan memanfaatkan geotermal solar panel. Begitu juga dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang mendapat tugas membuat event marathon di Borobudur untuk terus dikembangkan jadi event internasional.

"Untuk danau Toba, mengenai penghijauan jadi tanah-tanah yang sudah diberikan ke rakyat untuk dikelola, itu sedang diatur jadi penghijauan di Danau Toba untuk meningkatkan air Danau Toba akan ditingkatkan. Wagub melaporkan keramba yang 15 ribu Ha bertahap dikurangi, sekarang 6 ribu lebih dikurangi sejalan tahun depan," sebut Luhut.

Ketika persiapan di lapangan sudah mulai berjalan, Luhut juga menyoroti adanya percepatan investasi. Selain itu, setiap kepala daerah juga harus melaporkan progres pengerjaannya.

"Kami sudah buat platform dimana kita bisa evaluasi setiap progres project dari tiap tempat masing-masing. Itu membantu kami buat tuntas pekerjaan dari Presiden dalam rangka penyelesaian 5 DPSP," ujar Luhut.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Luhut Lagi 'Kampanye' Penggunaan Produk RI Rp 500 T


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading