Jabar Tambah Satu Lagi Kota Metropolitan, di Mana Lokasinya?

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
07 January 2021 14:37
Jadi Juri Lomba Disain Ibu Kota, Ini Kriterianya Ibukota Versi Ridwan Kamil. (CNBC Indonesia/Asep Toha)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebanyak 13 kota baru di wilayah Jawa Barat (Jabar) akan terbentuk di kawasan Segitiga Rebana (Cirebon-Patimban-Kertajati) sebagai kota metropolitan baru di Jabar. Seiring dengan pembangunan Pelabuhan Patimban, Subang yang diprediksi dapat mengangkat kegiatan ekonomi regional.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan metropolitan Rebana adalah kota metropolitan ketiga yang akan dimiliki Jawa Barat. "Pertama di Bodebek, kedua Bandung Raya, ketiga di Metropolitan Rebana," katanya dalam Public Expose Pelabuhan Patimban, Kamis (7/1/2021).

Metropolitan adalah Kawasan regional yang melakukan pengembangan dari multi pusat pertumbuhan. Termasuk terbentuknya 13 kota baru dari Pelabuhan ini di Kawasan Rebana.


Kawasan Rebana merupakan wilayah Utara/Timur laut Provinsi Jawa Barat yang meliputi tujuh daerah, yakni Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, dan Kuningan serta kota Cirebon.

Ridwan mengatakan menargetkan ada 1 juta penduduk yang akan tinggal di Kota Patimban dengan mayoritas pekerjaan di bidang kemaritiman. Diharapkan kota Patimban menjadi kota wisata yang bisa menyamai Kota Pelabuhan lain seperti Rotterdam, Belanda dan Yokohama, Jepang.

"Ini wajah masa depan di Kawasan Rebana 20 tahun ke depan, kalau 13 kota baru ini berkembang akan hadir 5 juta lapangan pekerjaan. Ini bisa menyumbang pertumbuhan ekonomi Jawa Barat 4%-5%," katanya.

Untuk jangka pendek, Kawasan yang pertama akan terbentuk adalah Suryacipta, Kedua Mayingsal, dan Patimban City kerja sama dengan Jepang. Ketiga kota itu adalah Kawasan yang paling siap diproses pada tahun ini.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Hedy Rahadian, mengatakan nantinya Konektivitas jalan antar Kawasan industri Manyingsal juga akan dilalui Jalan provinsi.

"Pembangunan Patimban menjadi trigger pembangunan Kawasan industri di sebelah timur, kita sedang siapkan pembangunan akses Kawasan industri Manyingsal yang juga dekat dengan Kertajati," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading