Rebana, 'Harta Karun' Jabar yang Siap Diguyur Ratusan Triliun

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
30 September 2021 13:13
Rebana Metropolitan

Jakarta, CNBC Indonesia - Percepatan pembangunan kawasan Rebana alias kota metropolitan baru di Jawa Barat akhirnya mendapatkan dukungan penuh dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal tersebut seiring dengan terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) 87/2021 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Kawasan Jawa Barat Bagian Selatan.

Dalam aturan yang diteken Jokowi pada 9 September 2021 itu, aturan ini terbit untuk mempercepat pembangunan kawasan Rebana dan kawasan Jawa Barat bagian Selatan.


"Perlu dilakukan langkah strategis dan terintegrasi secara terarah, fokus, terukur dan tepat sasaran," tulis pertimbangan aturan tersebut, seperti dikutip melalui laman Sekretariat Negara, Kamis (30/9/2021).

Kawasan Rebana sendiri akan meliputi Kabupaten Subang, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, dan Kabupaten Kuningan.

Sementara itu, kawasan Jawa Barat bagian Selatan meliputi Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, dan Kabupaten Pangandaran.

"Percepatan pembangunan kawasan Rebana dan kawasan Jawa Barat bagian Selatan dilakukan secara terpadu dan terintegrasi dalam rencana induk pembangunan kawasan,"

Aturan ini menegaskan bahwa percepatan pembangunan kawasan tersebut akan mendapatkan dukungan penuh dari kementerian/lembaga dan pemerintah daerah,

Kementerian/lembaga maupun pemerintah pun dapat melakukan kerja sama dengan daerah lain maupun pihak ketiga sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Artinya, pendanaan dapat bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negar (APBN), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), kerja sama pemerintah dengan badan usaha, dan sumber pembiayaan lain.

Aturan ini berlaku pada tanggal diundangkan yakni 10 September 2021. Saat aturan ini berlaku, menteri, gubernur, bupati maupun wali kota wajib menyesuaikan dokumen perencanaan dengan berpedoman pada aturan ini.

Halaman Selanjutnya >>> Bakal Diguyur Ratusan Triliun?

Bakal Diguyur Ratusan Triliun?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading