Internasional

Welcome Aboard! Boeing 737 Max Resmi Terbang Lagi

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
30 December 2020 07:27
Boeing 737 Max dapat kembali mengudara setelah Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA) mengeluarkan izin pada Rabu (18/11/2020). (AP/Ted S. Warren)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pesawat udara berbadan sedang besutan Boeing, Boeing 737 Max, kembali mengangkasa pada Selasa (29/12/2020). Hal ini menandai penerbangan perdana pesawat itu setelah otoritas penerbangan di seluruh dunia meng-grounded armada pesawat itu.

Dikutip CNBC Internasional, penerbangan perdana itu diprakarsai maskapai Amerika Serikat (AS), American Airlines. Penerbangan 718 itu berangkat dari Bandara Internasional Miami pada 10:40 (waktu setempat) menuju Bandara LaGuardia New York, dan mendarat pada pukul 13:08.



"Kami terbang dengan Boeing 737 Max," kata Kapten Sean Roskey mengumumkan melalui sistem audio pesawat sebelum pesawat lepas landas di Miami. Hal ini mendapat tepuk tangan dari penumpang, termasuk presiden American Airlines, beberapa kru, serta karyawan lainnya.

Sementara itu beberapa maskapai lain seperti United, Southwest, dan maskapai Brazil Gol juga berencana menerbangkan armada 737 MAX tahun depan.

Boeing 737 MAX sebelumnya tidak diizinkan terbang setelag terjadi dua kecelakaan fatal yang menimpa unit pesawat itu.


Pertama, kecelakaan menimpa Maskapai Indonesia Lion Air pada Oktober 2018 lalu yang jatuh di Laut Jawa. Lalu diikuti kecelakaan Ethiopian Airlines pada maret 2019 lalu. Kedua kecelakaan ini menewaskan seluruh penumpang pesawat.

Di beberapa negara di dunia, pesawat ini masih belum diizinkan terbang. Bahkan keluarga korban dua kecelakaan 737 MAX juga meminta pemerintah untuk tidak mengedarkan izin terbang untuk pesawat tersebut karena alasan keamanan.

Di Indonesia sendiri pesawat ini dipesan Oleh Garuda dan Lion Air. Garuda memesan 50 unit armada itu sementara Lion Air Group memboyong sekitar 200an armada burung besi teranyar Boeing itu


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading