Internasional

Pengumuman! Arab Perpanjang Larangan Masuk Penerbangan Asing

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
28 December 2020 16:28
Pilgrims arrive to King Abdulaziz Airport for the Hajj pilgrimage to Mecca, in Jeddah, Saudi Arabia, Saturday, July 25, 2020. (Saudi Ministry of Media via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia -Arab Saudi memutuskan untuk memperpanjang penangguhan penerbangan penumpang komersial internasional setidaknya satu minggu dan mungkin dua minggu ke depan. Ini terjadi di tengah kekhawatiran atas varian baru virus corona (Covid-19), VUI, 202012/01, yang muncul di Inggris.

Dilansir AFP, mengutip media resmi Saudi SPA, Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengumumkan pada Minggu (27/12/2020). Alasannya untuk melindungi seluruh masyarakat, termasuk warga negara Saudi ataupun Ekspatriat.


"Arab Saudi memutuskan untuk memperpanjang langkah-langkah tersebut selama seminggu lagi untuk terus menilai situasi dan untuk memastikan keamanan warga negara dan ekspatriat," kata laporan SPA, dikutip Senin (28/12/2020).

Namun, melansir Reuters Arab Saudi tetap akan mengizinkan penerbangan dalam "kasus luar biasa". Serta mengizinkan para warga negara asing untuk meninggalkan negara itu.

Sebelumnya, Arab Saudi, Kuwait, dan Oman menangguhkan penerbangan penumpang dan melarang masuk dan keluar melalui perbatasan darat dan laut mereka sejak pekan lalu. Oman dan Kuwait mengatakan mereka berencana untuk mencabut larangan tersebut masing-masing pada 29 Desember 2020 dan 1 Januari 2021.

Arab Saudi sejauh ini mencatat lebih dari 362.000 kasus, dengan lebih dari 6.000 kematian. Angka ini merupakan yang tertinggi di antara negara-negara Teluk Arab.

Tetapi negara pimpinan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud itu juga melaporkan tingkat pemulihan yang tinggi. Awal bulan ini, negara kerajaan itu memulai kampanye vaksinasi Covid-19, menggunakan vaksin besutan Pfizer-BioNTech.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kecewa Dianggap Mesin ATM, Arab Saudi Setop 'Diplomasi Duit'?


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading