Wapres Ma'ruf Amin: 20% Keluarga Indonesia Belum Punya Rumah

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
28 December 2020 12:57
K.H MA'RUF AMIN, Wakil Presiden RI. (Dok: IG  kyai_marufamin)

Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin mengatakan, pemerintah akan terus melanjutkan program penyediaan rumah bagi masyarakat terutama yang berpenghasilan rendah. Sebab, saat ini masih banyak masyarakat yang belum memiliki rumah.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2019, jumlah keluarga di Indonesia yang memiliki rumah sebesar 80,07%.

"Saat ini diperkirakan ada 20% keluarga di Indonesia yang belum memiliki rumah," kata dia dalam pembukaan FGD DPD RI terkait perumahan yang berlangsung secara virtual, Senin (28/12/2020).

Dengan demikian, maka untuk mengatasi backlog perumahan ini, pemerintah telah melakukan berbagai upaya. Di antaranya dengan memberikan bantuan pembiayaan kepemilikan rumah, reformasi perizinan, dan insentif fiskal.

Salah satunya juga melalui program Satu Juta Rumah yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tahun 2015 lalu. Sejak saat itu hingga 14 Desember 2020 telah terealisasi sebanyak 5,6 juta unit rumah.



"Lebih dari 70% dari jumlah tersebut dinikmati oleh golongan Masyarakat Berpenghasilan Rendah atau MBR," kata dia.

Namun, untuk tahun ini dikarenakan ada pandemi Covid-19 maka terjadi penurunan pertumbuhan pada sektor perumahan di Indonesia. Sehingga realisasi Program Sejuta Rumah tidak sesuai target.

"Capaian Program Satu Juta Rumah tahun 2020 per tanggal 14 Desember sebesar 856.758 unit, di mana 77% disalurkan untuk MBR," jelasnya.

Lanjutnya, akibat pandemi ini pula, pertumbuhan sektor Real Estate pada kuartal III-2020 juga jauh di bawah angka pertumbuhan pada 2019 yang mencapai 5,49%. Pertumbuhan KPR dan KPA juga turun tajam, dari 7,99% pada tahun 2019, menjadi hanya sebesar 2,05% pada kuartal III-2020.

"Pada tahun 2021, pemerintah berharap ekonomi Indonesia bisa tumbuh 5%. Salah satu sektor strategis yang diharapkan mampu mendukung target tersebut adalah sektor perumahan, yang mendapatkan perhatian dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional," tuturnya.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading