Come Back Jadi Mendag, M Lutfi Dapat 3 PR dari Jokowi

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
23 December 2020 13:05
muhammad lutfi

Jakarta, CNBC Indonesia - M. Lutfi kembali menjadi Menteri Perdagangan (Mendag) kali kedua setelah serah terima jabatan (sertijab) dari tangan Mendag sebelumnya yakni Agus Suparmanto. Setelah sertijab, Muhammad Lutfi mengungkapkan bahwa ada beberapa poin yang menjadi perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal itu dikatakan Jokowi setelah pelantikan kemarin, Selasa (22/12/2020).

"Jadi waktu kemarin dipanggil Pak Jokowi, Pak Jokowi pesan tiga hal, adalah menjaga kestabilan harga terutama inflasi, kedua beliau titip pesan bahwa mesti dibantu UMKM, pasar-pasar ekspor diperbaiki strukturnya. Kalau kalau, perlu panggil konsultan dari Balai Latihan Ekspor," kata M. Lutfi usai pelantikan, Rabu (23/12).

Targetnya memang tidak mudah, apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. UMKM sebagai sektor yang sangat terkena dampak perlu menjadi perhatian lebih, termasuk langkah yang diambil harus kongkret. Apalagi, Indonesia sudah memiliki perjanjian dagang dengan negara lain.


Jika salah mengambil tindakan, maka bisa jadi boomerang karena barang impor banyak membanjiri Indonesia. Namun nyatanya, Jokowi mengamanatkan poin tersebut agar berjalan, yakni perundingan dagang.

"Gimana menembus pasar-pasar non tradisional dengan cara perundingan komprehensif partnership agreement. Tahun ini kita sudah tanda tangan beberapa yang penting," sebutnya.

Seperti diketahui, baru pekan lalu saat Mendag sebelumnya Agus Suparmanto menekan perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Korea Selatan (Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement). Termasuk sebelumnya dengan Australia dengan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif antara Indonesia dan Australia (IA-CEPA).

"Kami juga melihat opportunity-opportunity atau peluang menegosiasikan pasar non tradisional, seperti negara Afrika dan South America, jadi ini bagian utama yang akan dipelajari sesuai keinginan pak Presiden," kata M. Lutfi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tancap Gas, Mendag Lutfi Langsung Cek Harga Bahan Pokok!


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading