Internasional

Pengumuman: Biden Pilih Politisi Gay Jadi Menteri

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
17 December 2020 09:45
In this image from video, former South Bend Mayor Pete Buttigieg speaks during the fourth night of the Democratic National Convention on Thursday, Aug. 20, 2020. (Democratic National Convention via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden memperkenalkan Pete Buttigieg sebagai menteri transportasi di kabinetnya.

Buttigieg adalah mantan walikota South Bend, Indiana dan akan menjadi menteri gay pertama dalam sejarah jika disetujui Senat AS.


"Kabinet Biden-Harris akan menjadi Kabinet bersejarah - Kabinet yang terlihat seperti Amerika," kata Biden dikutip dari AFP, Kamis (17/12/2020).

"Kabinet yang membuka pintu dan meruntuhkan penghalang dan mengakses berbagai bakat ... di bangsa ini."

Pada saat diumumkan Buttigieg hadir bersama Biden di Wilmington, Delaware. Pria berusia 38 tahun itu akan mengemban tugas memulihkan sejumlah fasilitas transportasi AS, mulai dari jalan jembatan dan pelabuhan.

"Saya menyadari bahwa mata sejarah tertuju pada penunjukan ini" ujar Buttigieg mengomentari penunjukan dirinya.

"(Apalagi), mengetahui bahwa ini adalah pertama kalinya seorang presiden Amerika mengirim anggota Kabinet LGBTQ (Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender, Queer) secara terbuka ke Senat untuk konfirmasi."

Buttigieg menjadi veteran militer yang bertugas di Afghanistan. Ia pernah mencalonkan diri sebagai presiden dari Partai Demokrat sebelum akhirnya mengumumkan mendukung Biden pada Maret.

Sebagai menteri, ia akan mengawasi badan federal yang luas yang mengatur maskapai penerbangan nasional, sistem transit, dan jalan raya antarnegara bagian.

Ia akan memainkan peran sentral dalam prakarsa infrastruktur dan lingkungan yang diusulkan Biden, termasuk rencana untuk menambah 500.000 stasiun pengisian daya di seluruh negeri untuk kendaraan listrik


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading