Sah! Prabowo Lantik Wamenhan Trenggono Jadi Sekretaris KKIP

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
14 December 2020 17:40
Prabowo Subianto (Twitter/@Saktitrenggono)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pertahanan Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto Djojohadikusumo selaku Ketua Harian Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) melantik Wakil Menhan Sakti Wahyu Trenggono sebagai Sekretaris KKIP. Pelantikan itu digelar di kantor Kemhan RI, Jakarta, Senin (14/12/2020).

Pelantikan itu diketahui dari unggahan Trenggono di akun Twitter resminya @saktitrenggono yang dikutip CNBC Indonesia.

Menurut Trenggono, selepas upacara pengambilan sumpah dan pelantikan pejabat Tim Pelaksana dan Tim Ahli KKIP, Prabowo memberikan pembekalan kepada Tim Pelaksana dan Tim Ahli KKIP.

Trenggono menjelaskan KKIP adalah komite yang mewakili pemerintah untuk mengkoordinasikan kebijakan nasional dalam perencanaan, perumusan, pelaksanaan, pengendalian, sinkronisasi, dan evaluasi industri pertahanan. KKIP diharapkan menghasilkan kebijakan-kebijakan yang tepat untuk pengembangan dan pembangunan industri pertahanan.



Sesuai Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahanan, KKIP memiliki visi mencapai kemandirian pemenuhan kebutuhan alat peralatan pertahanan dan keamanan (alpalhankam), yang didukung oleh industri pertahanan yang maju dan sumber daya manusia yang unggul, mengingat industri pertahanan nasional merupakan bagian terpadu dari perencanaan strategis pengelolaan sumber daya nasional untuk kepentingan pertahanan dan keamanan negara.

Dengan demikian, struktur KKIP adalah sebagai berikut:


Ketua: Presiden

Ketua Harian: Menteri Pertahanan

Wakil Ketua Harian: Menteri BUMN

Anggota: Menteri Perindustrian, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Komunikasi dan Informatika, Menteri Keuangan, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Panglima TNI, Kapolri, Menteri Luar Negeri

Sekretaris: Wakil Menteri Pertahanan

Ketua Tim Pelaksana KKIP: Johanes Suryo Prabowo


[Gambas:Video CNBC]

(miq/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading