Trenggono ke KKP, Prabowo Serahkan Soal Wamen Baru ke Jokowi

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
22 December 2020 20:40
Infografis: Sederet Aksi Prabowo Subianto Sejak Jadi Menterinya Jokowi

Jakarta, CNBC Indonesia - Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan enam menteri baru dalam Kabinet Indonesia Maju berimplikasi kepada sejumlah jabatan. Salah satunya adalah wakil menteri pertahanan.

Ini karena wamenhan Sakti Wahyu Trenggono ditunjuk Jokowi menjadi menteri kelautan dan perikanan. Mas Treng, sapaan akrab Sakti Wahyu Trenggono, mengisi kekosongan yang ditinggalkan Edhy Prabowo yang tersangkut kasus korupsi terkait ekspor benih lobster.

Lalu, siapa yang akan mengisi posisi wamenhan? Juru Bicara Menteri Pertahanan, yaitu Dahnil Anzar Simanjuntak, kepada CNBC Indonesia pada Selasa (22/12/2020), mengungkapkan tidak ada preferensi khusus dari Prabowo Subianto selaku menhan.

"Terkait dengan wamenhan, kita serahkan sepenuhnya kepada Presiden, siapa yang akan beliau tunjuk menggantikan Pak Sakti Wahyu," kata Dahnil.



Salah satu nama yang disebut-sebut akan mengisi posisi wamenhan adalah Letnan Jenderal TNI Muhammad Herindra. Saat ini, Herindra menjabat sebagai Kepala Staf Umum TNI. Jabatan itu diembannya sejak 21 Oktober 2020.

Sebelumnya, pria kelahiran Magelang, Jawa Tengah, 30 November 1964, merupakan Inspektur Jenderal TNI (2018-2020).

Lulusan terbaik Akademi Militer 1987 itu juga pernah menduduki jabatan penting seperti Panglima Komando Daerah Militer III/Siliwangi (2016-2017) dan Komandan Jenderal Pasukan Khusus (2015-2016).

Jabatan-jabatan lain yang pernah diemban Herindra adalah Wadanjen Kopassus (2013-2014) dan Kasdam III/Siliwingai (2015).



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading