Boeing MAX Pasca Kecelakaan

Maskapai Brasil Sudah Terbangkan B 737 MAX, RI Berani?

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
10 December 2020 15:35
FILE PHOTO: The first Boeing 737 MAX 7 is unveiled in Renton, Washington, U.S. February 5, 2018. REUTERS/Jason Redmond/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Penerbangan komersial Boeing 737 MAX telah mengudara setelah suspensi dua tahun lalu akibat dua kali kecelakaan beruntun termasuk di Indonesia. Maskapai Brazil Gol menjadi yang pertama di dunia yang menerbangkan Boeing 737 MAX secara komersial pada Rabu (9/12/2020).

The Federal Aviation Administration (FAA) sebelumnya telah memberikan izin terbang kepada Boeing 737 walaupun belum merilis hasil review yang dilakukan. Dalam persetujuan itu membuat maskapai American Airlines juga mulai mempersiapkan Armada 737 Max untuk siap beroperasi pada 29 Desember mendatang, dengan syarat pembaruan perangkat lunak dan pelatihan pilot.

Indonesia Kapan?


Di Indonesia salah satu maskapai penerbangan yang mengoperasikan Boeing 737 MAX adalah Lion Air. Mereka belum bisa memberikan kepastian, karena harus menunggu pihak kementerian perhubungan sebagai regulator, apakah akan memberikan izin operasi lagi bagi Boeing 737 MAX.

"Kami menunggu informasi terkait hal dimaksud dari regulator," kata Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro kepada CNBC Indonesia, Rabu (10/12).

Saat ini pihaknya masih mengkandangkan semua armada Boeing 737 Max 8 milik Lion Air dan 3 Boeing 737 9 Thai Lion Air. Adapun semua pesawat itu masih dalam perawatan mulai dari sterilisasi, pembersihan rutin, pengecekan dan pemeliharaan komponen pesawat, hingga pengecekan sistem sirkulasi udara pada kabin.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Indonesia Air Carriers Association (INACA) Bayu Sutanto juga belum mendapat kabar dan detail terkait beroperasinya Boeing 737 MAX ini.

"Maaf saya belum dapat berita dan detailnya, jadi tidak komentar dulu," katanya.

Kecelakaan 737 MAX di Indonesia dan Ethiopia menewaskan 346 orang dalam waktu lima bulan pada 2018 dan 2019 memicu serangkaian investigasi terhadap pesawat tersebut. Di Indonesia, Boeing 737 Max 8 milik Lion Air dengan nomor penerbangan JT610 pada Oktober 2018 lalu dengan rute Jakarta - Pangkal Pinang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading