Tekor Bayar Cicilan Utang, Warga +62 Kurangi Belanja

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
08 December 2020 15:10
Mesin ATM

Jakarta, CNBC Indonesia - Konsumsi adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. Konsumsi, utamanya konsumsi rumah tangga, menyumbang lebih dari separuh dalam pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB) nasional.

Ada fenomena yang menarik soal konsumsi ini. Bank Indonesia (BI) melaporkan, porsi pendapatan masyarakat yang digunakan untuk konsumsi pada November 2020 adalah 68,8%. Turun dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 69,4%.

Kalau pengeluaran untuk konsumsi turun, pasti dialihkan ke tempat lain dong. Nah, ada peningkatan porsi pendapatan yang dipakai untuk membayar cicilan utang dan menabung.


Pada November 2020 dibandingkan bulan sebelumnya, porsi pendapatan untuk konsumsi turun 0,6 poin persentase. Sementara porsi pendapatan untuk membayar cicilan dan menabung masing-masing naik 0,5 poin persentase dan 0,1 poin persentase.

So, terlihat bahwa pembayaran cicilan utang adalah penyebab penurunan konsumsi. Gara-gara terbeban bayar cicilan kredit, konsumsi harus dikorbankan. Ini sama saja dengan membuat tulang punggung ekonomi nasional keropos.

HALAMAN SELANJUTNYA >> Bank Kudu Turunkan Bunga!

Bank Kudu Turunkan Bunga!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading