Agen Travel Berdarah-Darah Jual Paket Tur Rp 50 Ribu, Bisa?

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
02 December 2020 17:18
Pengembangan wisata alam Pulau Rinca di KSPN Labuan Bajo, NTT. (Tangkapan Layar Instagram kemenpupr)

Jakarta, CNBC Indonesia - Industri agen travel membuka berbagai bisnis anyar demi bisa bertahan hidup di tengah pandemi Covid-19. Salah satu caranya adalah dengan membuka virtual tour secara online. Setiap peserta bisa membeli tiketnya untuk mengikuti kegiatan tersebut. Namun, nilai tiketnya memang tidak besar, bahkan sangat jauh dibanding ongkos tiket dan beragam akomodasi yang perlu ditanggung ketika bepergian ke luar negeri.

"Sampai ada virtual tour, misalnya di Bosnia-Herzegovina ada virtual turnya dijual teman-teman. Itu nggak mahal, Rp 40-50 ribu tapi jadi pemasukan tambahan lah, karena kita benar-benar perlu every single cent untuk membayar pajak segala macam," kata Sekjen Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Pauline Suharno kepada CNBC Indonesia, Rabu (2/12).

Untuk menjalankan kegiatannya, agen travel bakal bekerjasama dengan pemandu atau guide di negara tersebut. Dari tiket yang dibeli peserta, maka agen travel bisa membayar pemandu wisata. Nantinya, pemandu bakal menunjukkan berbagai tempat anyar.


"Setiap minggu beda-beda jadwalnya, ada Korea, Inggris, juga ada Turki. Tapi belakangan Turki sudah nggak karena udah terbuka. Kebanyakan negara yang belum buka turis dilakukan virtual tour. Atau mereka kenalkan rute-rute baru yang selama ini belum populer untuk market Indonesia," jelasnya.

Melalui tur virtual seperti ini, Pauline berharap masyarakat bisa mendapatkan tambahan referensi anyar ketika akan berlibur nantinya. Sehingga, tidak perlu bingung lagi ketika pandemi Covid-19 sudah selesai. Apalagi lokasi tur virtualnya belum diketahui orang banyak.

"Mereka nggak masuk YouTube karena mengharapkan orang bayar. Satu orang Rp 50 ribu termasuk di Indonesia teman-teman di Jakarta cukup kreatif. Mereka jual virtual tour kaya walking tour di kota tua, walking tour culinary Jakarta itu murah Rp 20-30 ribu," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bisnis Agen Travel Megap-Megap: Jual Rapid Test Sampai Jastip


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading