Internasional

UEA Setop Visa 13 Negara Muslim, Ada RI?

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
26 November 2020 12:35
Petualang Belanda Wiebe Wakker dalam perjalanan mobil listriknya dari Belanda ke Australia, di Dubai, UEA Desember 2016 dalam gambar ini diperoleh dari media sosial. Foto diambil Desember 2016. (WIEBE WAKKER / PLUG ME IN PROJECT / via REUTERS)

Jakarta, CNBC IndonesiaUni Emirat Arab (UEA) mengumumkan bahwa pemerintahnya akan menghentikan proses pengeluaran visa baru untuk warga dari 13 negara mayoritas Muslim. Dilansir dari Aljazeera, aplikasi untuk pekerjaan baru dan visa kunjungan ditangguhkan sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Belum jelas apakah ada pengecualian untuk larangan tersebut. Otoritas Federal untuk Identitas dan Kewarganegaraan UEA sejauh ini belum berkomentar.




Sebuah sumber mengatakan UEA untuk sementara waktu berhenti mengeluarkan visa baru karena masalah keamanan.

Sumber tersebut tidak mengatakan apa yang menjadi kekhawatiran itu namun menegaskan larangan mungkin berlangsung dalam waktu singkat.



Pekan lalu, kementerian luar negeri Pakistan mengatakan UEA telah berhenti memproses visa baru untuk warganya dan beberapa negara lain.

Islamabad mengatakan sedang mencari informasi dari UEA tentang alasan penangguhan tetapi dianggap terkait dengan pandemi virus corona.

Sementara itu Indonesia tidak masuk dalam daftar penghentian visa itu, memungkinkan WNI untuk dapat mengunjungi negara kandang maskapai kondang Emirates itu.

Berikut ini Daftar negara yang warganya sementara waktu tidak akan diberikan visa untuk memasuki UEA:

1. Afghanistan
2. Algeria
3. Iran
4. Iraq
5. Kenya
6. Lebanon
7. Libya
8. Pakistan
9. Somalia
10. Suriah
11. Tunisia
12. Turki
13. Yaman


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading