Kemlu Tepis Larangan Umrah ke Arab, Ini Penjelasannya!

Syariah - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
17 November 2020 13:13
Umat Muslim mengelilingi Ka'bah, saat menjalani ibadah Umrah, di kota suci Muslim di Mekah, Arab Saudi. (AP/Amr Nabil)

Jakarta, CNBC Indonesia - Berita penyetopan visa umrah jamaah Indonesia oleh Arab Saudi membuat heboh. Meski begitu, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menepis hal ini dan menyebut yang disetop hanya visa turis.

Pernyataan itu terungkap di situs resmi Kemlu. Dikutip Selasa (17/11/2020), Kemlu menegaskan belum ada konfirmasi pembatasan kunjungan umrah.




Berikut keterangan lengkapnya berdasarkan pernyataan Dirjen General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi:

Terkait penerbangan umrah bagi jemaah Indonesia, tim KJRI Jeddah yang dipimpin Staf Teknis Perhubungan telah melakukan pertemuan dengan Dirjen Angkutan Udara GACA, Bapak Ali Muhammad Rajab beserta stafnya pada 16 November 2020 di Riyadh.



1. Dari pertemuan tersebut, diperoleh informasi sebagai berikut:

Sebuah. GACA (General Authority of Civil Aviation / Otoritas Penerbangan Sipil Arab Saudi) beserta instansi terkait lainnya di Arab Saudi terus melakukan evaluasi pelaksanaan penerbangan angkutan umrah, termasuk penerapan dan praktik jemaah terhadap protokol COVID-19 mulai dari persiapan negara asal hingga kepulangannya.

b. GACA hingga saat ini belum mengeluarkan edaran resmi tertulis terkait penangguhan penerbangan yang macet jemaah umroh asal Indonesia. Namun demikian, GACA dalam waktu dekat akan dikeluarkan setelah situasi mempertimbangkan situasi terakhir di lapangan.

c. Pemerintah Arab Saudi memiliki tanggung jawab untuk menjaga kesehatan dan keselamatan umat Islam.

d. Terkait rilis GACA tentang larangan masuk ke Arab Saudi bagi pemegang visa turis, GACA menegaskan bahwa hal itu hanya berlaku bagi pemegang visa turis dari negara-negara yang memiliki perjanjian bebas visa kunjungan wisata dengan Arab Saudi. Indonesia tidak termasuk negara dengan fasilitas bebas visa turis dari Arab Saudi.

2. Perwakilan RI Jeddah meminta agar semua pihak terkait pelaksanaan umrah untuk terus memperhatikan dan mengikuti aturan protokol COVID-19 yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia maupun Arab Saudi.

3. Perwakilan RI Jeddah akan terus melakukan komunikasi dengan GACA serta pihak terkait lainnya terkait perkembangan kebijakan penerbangan umroh dari Indonesia."

Kementerian Agama
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading