Situasi Dunia Sulit, Jokowi: RI Buka Pintu Bagi Investor!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
19 November 2020 14:17
Sambutan Presiden Jokowi pada ASEAN Business and Investment Summit (ABIS) 2020, 14 November 2020. (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan bahwa tahun ini menjadi salah satu tahun yang cukup krusial bagi dunia. Situasi dunia saat ini dihadapkan pada masa sulit.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi dalam keynote speech dalam pagelaran APEC Business Council Advisory secara virtual di Istana Bogor, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (19/11/2020).

"Tahun 2020 merupakan tahun yang sangat krusial bagi dunia. Sangat sulit bagi dunia," kata Jokowi.


Jokowi mengemukakan semua negara saat ini ditantang untuk memecahkan masalah yang tidak terduga sebelumnya. Selain itu, seluruh negara juga ditantang untuk menjawab masalah yang ada.

"Ditantang menjawab keterbatasan menghitung kembali peluang, dan menciptakan terobosan dan inovasi yang tidak terpikirkan sebelumnya," katanya.

Jokowi meyakini peluang dan kesempatan masih terbuka luas. Indonesia, kata dia, menggunakan momentum saat ini untuk melakukan reformasi struktural secara besar-besaran.

"Kami membenahi regulasi yang ada, membenahi birokrasi yang ada. Agar dapat bergerak cepat melalui masa sulit ini, sehingga siap membuka pintu seluas-luasnya bagi businessman dan bagi investor dengan cara baru," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading